FAKTOR PENYEBAB TINGGINYA JUMLAH PENDUDUK TRANSMIGRAN DI DESA JUD NGANTI KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Monanisa Monanisa, Suktriani Suktriani, Mirna Taufik

Abstract


ABSTRAK

 

Laju pertumbuhan penduduk di Provinsi Sumatera Selatan dari tahun ketahun meningkat, salah satunya adalah Desa Jud Nganti Kecamatan Sanga Desa  Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor Penyebab Tingginya jumlah Penduduk Transmigran di desa Jud Nganti Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin.Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menginterpretasikan fakta yang ditemukan di lapangan.  Sumber informasi dalam penelitian ini adalah masyarakat transmigran yang bertahan di desa jud nganti.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab tingginya jumlah penduduk transmigran  di desa Jud Nganti yang paling dominan yaitu faktor pertama ketenagakerjaan (pendapatan dan pekerjaan). Kesimpulan dari penelitian ini sejalan dengan banyaknya penelitian yang menyebutkan bahwa masyarakat yang bertransmigrasi ke daerah tujuan memiliki banyak faktor penyebab salah satunya adalah faktor ekonomi dan sosial, bukan hanya faktor bencana alam dan penyempitan lahan.

 

Kata kunci:Penduduk Transmigran, Desa Jud Nganti.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2016. Kota Palembang Dalam Angka. Palembang: Badan Pusat Statistik Kota Palembang.

Lestari, Wahyu Suci Lestari,”Pembangunan Masyarakat Transmigrasi Di Desa Bukit Raya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara”(volume,1 (1) ISSN 0000-0000, 2013: 209-220), h. 212.

Mantra, Ida Bagoes. 2012. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Monanisa, 2013. Analisis alasan migrasi masuk di Kota Muaradua Kab.Oku Selatan Setelah Pemekaran Wilayah. Jurnal: Demografi Journal Of Sriwijaya.vol 1 no 1 (2013).

Purwasih,Reni.dkk,”Faktor Penyebab Transmigran Bertahan Di Desa Alur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut,” 2016.

Unelicke. L. Patty,Dkk, ”Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Transmigrasi Dari Negeri Allang Ke Desa Allang Asaude Kecamatan Waisala,” Agribisnis Kepulauan,( Vol 2 N0.3 Oktober 2014). H, 31.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.