ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MELALUI CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA

Authors

  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2591

Keywords:

Higher Order Thinking Skills (HOTS), Creative Problem Solving (CPS), kemampuan kognitif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) mahasiswa melalui Creative Problem Solving (CPS) pada Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan Program Studi Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 (lima) yang berjumlah 28 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dan tes bentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis higher order thinking skill (HOTS) melalui creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan kognitif mahasiswa. Ini dibuktikan dari hasil instrument angket yang menunjukkan 84,3% mahasiswa menjawab baik dalam menggunakan pendapat, ide atau gagasan yang relevan dengan topik bahasan, 86,4% mahasiswa menjawab sangat baik dalam memberikan alternative solusi terhadap permasalahan yang ditemukan pada topik bahasan. Sementara itu, hasil tes bentuk uraian menunjukkan bahwa 42,9% dari 28 mahasiswa menjawab dengan kategori baik pada rentang nilai 70 s.d 84 dan 53,6% dari 28 mahasiswa menjawab dengan sangat baik pada rentang nilai 85 s.d 100. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tes uraian, yaitu, (1) mahasiswa mampu menjawab dengan baik soal yang diberikan, (2) mahasiswa menjelaskan dengan baik masalah yang ditemukan berdasarkan pengamatan (pengetahuan mahasiswa terhadap permasalahan pendidikan), (3) mahasiswa memberikan ide dan gagasan yang kreatif dalam meningkatkan mutu pendidikan, (4) mahasiswa dapat memberikan solusi alternative dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui peningkatan kualifikasi akademik tenaga pendidik dan kependidikan. Dengan demikian, Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui Creative Problem Solving (CPS) dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa pada Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan Program Studi Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang.

References

A.Effendi. (2017). Implementation of Creative Problem Solving Model to Improve The High School Student's Metacognitive. Journal of Physics: Conf. Series 812, 1 - 6.

Abosalem, Y. (2016). Assessment Techniques and Students' Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Secondary Education. Vol.4 No. 1, 1 - 11.

Al-khatib, B. A. (2012). The Effect od Using Brainstorming Strategy in Developing Creative Problem Solving Skills among Female Students in Princess Alia University Collage. American International Journal of Comtemporary Research. Vol.2 No.10, 29 - 38.

Hajiyakhchali, A. (2013). The Effects of Creative Problem Solving Process Training on Academic Well-being of Shahid Chamran University Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences , 549 - 552.

Irvan Budhi Handaka, dkk. (2016). Pemanfaatan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak Untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia" (pp. 157 - 164). Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan.

Laili Munawarah, dkk. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Melalui Penyelesaian Masalah Toksikologi Lingkungan. EDUSAINS. Vol. 10 No,01, 1-6.

Martalyna, W. d. (2018). Integrasi Keterampilan Higher Order Thinking dalam Perspektif Literasi Matematika. PRISMA 1 (pp. 354-363). Semarang: UNNES.

Perpres. (2012). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Menristekdikti.

Putri Mayasari, dkk. (2013). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Program Studi Pendidikan IPA, PPS Unsiyah.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cetakan ke-17. Bandung:Alfabeta.

Vidal, R. V. (2010). Creative Problem Solving: An Applied University Course. Pesquisa Operacional Vol. 30 No. 2, 405-426.

Yosi Laili Rahmi, dkk. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Penerapan Asesmen Portofolio Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Ajar Biologi. Bioeducational Journal. Vol.1 No.1, 22-33.

Vijay, K.R. (2013). Creative Problem Solving. https://www.slideshare.net/VijayKrKhurana/creative-problem-solving-15904299. Diakses tanggal 30 Januari 2019.

Downloads

Published

2019-04-02