PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Arni Wulandari
  • Helfa Septinar

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2596

Keywords:

Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 10 Palembang tahun pelajaran 2017/2018â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 10 Palembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan kategori Posttest Only Control Desain dan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu Non Probability Sampling dengan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berjumlah 34 siswa dimana kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode Konvensional (ceramah) berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam uji hipotesis menggunakan Statistik Parametris yaitu rumus uji-t dengan taraf signifikan (É‘ = 0,05). Setelah menerapkan model pembelajaran Course Review Horay, uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung (4,610) > ttabel (1,669) dengan taraf signifikan 95% dan dk = 66. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis Ho ditolak jika : thitung ≥ ttabel : berarti Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa “terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 10 Palembang Tahun Pelajaran 2017/2018â€.

References

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wakhyuningtiyas, Devi. (2016). Perbedaan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII menggunakan Metode Teams Quiz dan Course Review Horay (CRH) di SMP N 4 Wates. http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=6446&keywords=. Diakses 26 Mei 2018.

Downloads

Published

2018-09-01