PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MINAT BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA

Authors

  • Dian Utami

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2597

Keywords:

Model Pembelajaran TGT, Minat Belajar

Abstract

Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran game akademik.Penelitian model TGT digunakan untuk meningkatkan minat belajar geografi siswa melalui persentasi oleh guru sampai tahap pemberian reward. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar geografi siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Way Tuba tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X, kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 4 sebagai kelas kontrol.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Variabel terikat yaitu minat belajar dan variabel bebas adalah model pembelajaran TGT. Instrumen pengukuran minat belajar siswa menggunakan angket. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Frekuensi minat belajar tinggi pada kelas ekperimen yaitu sebanyak 20 orang atau 83,33% lebih besar dibanding kelas kontrol yaitu sebanyak 6 orang atau 26,09%. Model Pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh terhadap minat belajar geografi siswa.

References

Agarwal dan Nagar. (2010). Cooperative Learning. Delhi: Kalpaz Publications.

Arends. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Asrori. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung CV Wacana Prima.

Devries. (1976). Teams-Games-Tournament: A Gaming Technique That Fosters Learning. Simulation Gaming 1976 7: 21. DOI: 10.1177/104687817600700102. (online) http://sag.sagepub.com/content/7/1/21. Diakses 20 oktober 2013

Devries dan David. (1980). The instructional design library. New jersey: Educational Tecnologi Publication.

Depoter dan Hernacki. (2011). Quantum Learning. Bandung: Mizzan Media Utama

Edwar, dkk. (1972). Games and Teams: A Winning Combination. Simulation Gaming 1972 3: 247. DOI: 10.1177/104687817200300301. (Online) http://sag.sagepub.com/content/3/3/247. Diakses 20 oktober 2013

Effendi dan Praja.(1985). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eggen, D. P., & Kauchak, P. D. (2012). Strategies and models for teacher: Teaching content and thinking skills. Boston: Pearson Education Inc.Ehlers, Valerie. 2004.Teaching Aspects of Health Care. South Africa: Juta Academic.

Hamalik, Oemar. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Rosdakarya.

Hanafiah, Kemas. (2006). Dasar-Dasar Statistik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Hidi, S. (1990). Interest and Its Contribution as a Mental Resource for Learning.American Educational Research Association .60: 549 REVIEW OF EDUCATIONAL RESEARCH.DOI: 10.3102/00346543060004549. (Online) http://rer.sagepub.com/content/60/4/549.Diakses 20 Oktober 2013.

Hollifield & John H.(1973). Teams-Game-Tournament. Science Activities, 10, 3, 19,44-45, Nov 73. (online) http://eric.ed.gov/?id=EJ088443. Diakses 12 Februari 2014

Hulten dan Devries. (1976). Team Competition and group practice: Effect on student achievement and attitudes (Report No. 212). Baltimore: Johns Hopkuns University, Center for Social organization of Schools.

Janke, R. (1978). the team-games-tournaments (TGT) methode and the behavioral adjusment and academic achievement of emotionally impaired adolescents.Toronto: American Educational Research association

Kagan, Spencer & Kagan, Miguel. (2009). Cooperative Learning. San Clemente, CA: Kagan Publishing.

Muhibbin, Syah.(1995). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Santrock, John W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Silver, Stong, Perini. (2007). Strategic Teacher.Thoughtful. USA: Education Press

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Yusron dan Zubaedi. Bandung: Nusa Media.

Slavin. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Slavin. (2009). Education Physchology.Theory and Practice. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit. Jakarta: Alfabeta.

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Symons dan Gill. (2008). Improving Student Engagement and Achievement through the Use of Teams-Games-Tournament. Research An Initiative of the Surrey School District Leadership Academy. Volume 7(2), November/December 2008. (online) www.leadershipacademy.sd36.bc.ca. Diakses Maret 2013.

Downloads

Published

2018-09-01