PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA SMA NEGERI 2 BANYUASIN 1

Authors

  • Eva Yulianti
  • Meilia Rosani
  • Nuranisa Nuranisa

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2598

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Analitis Siswa.

Abstract

Model pembelajaran merupakan suatu model yang akan diterapkan kepada siswa dalam suatu pembelajaran yang sedang berlangsung dan guna untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir analitis setelah diterapkan dengan model pembelajaraan Problem Based Learning di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 banyuasin 1 tahun ajaran 2018/2019. Variabel penelitian ini adalah kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas eksperimen dan juga kemampuan berpikir analitis geografi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional/langsung. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, kemampuan berpikir analitis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas eksperimen dengan rata-rata 75,6, sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional/langsung memiliki rata-rata 61,36. Maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa SMA Negeri 2 Banyuasin 1 tahun ajaran 2018/2019.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Tasrial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta:Gava Media.

Huda, Miftahul.(2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali pers.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Ciawi Bogor: Ghalia Indonesia.

Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Sudarma, Momon. (2015). Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Ombak.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardiyatmoko. (2016). Geografi untuk SMA/MA kelas XI. Jakarta Utara: Erlangga.

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, Nur. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis siswa pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X di SMAN 1 Takalarâ€. Jurnal (diterbitkan). Makasar: Universitas Islam Negeri (UIN) Allaudin Makasar.

Downloads

Published

2018-09-01