PERAN SISWA PADA PROGRAM ADIWIYATA DALAM MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL DI SMA NEGERI 4 KABUPATEN LAHAT

Authors

  • Ipo Astria
  • Mega Kusuma Putri

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2599

Keywords:

Kerusakan Lingkungan, Industri Batu Bata, Sumber Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peran siswa pada program adiwiyata dalam mengurangi pemanasan global di SMAN 4 Lahat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran siswa pada Program Adiwiyata dalam mengurangi pemanasan global di SMAN 4 Lahat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Siswa yang ingin di wawancara yaitu kelas XII, karena kelas XII sudah lebih memahami akan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Program Adiwiyata. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan teknik analisis data menggunakan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran siswa di SMA Negeri 4 Lahat tersebut cukup baik, hal itu terlihat dari seluruh siswa di Sekolah tersebut ikut berpartisipasi dalam kegiatan kebersihan yang dilakukan setiap hari yaitu pagi hari.

References

Alikodra, Hadi. (2008). Global Warming (Banjir dan Tragedi Pembalakan Hutan). Bandung: Nuansa.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ningsih, Srikandi. (2014). “Persepsi Siswa pada Program Adiwiyata dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 55 Palembangâ€.Skripsi S1 (belum diterbitkan). Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif danSugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. (2011). Panduan Adiwiyata (sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan). Jakarta Timur: Kementrian Lingkungan Hidup.

Downloads

Published

2018-09-01