PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESITASI BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2600

Keywords:

Model Pembelajaran Resitasi Berbasis ICT, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Metode pembelajaran resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan pembelajaran dimana guru memberikan tugas tertentu agar peserta didik melakukan kegiatan belajar. Metode Resitasi adalah cara untuk mengajar yang dilakukan dengan jalan tugas khusus kepada siswa untuk mengerjakan sesuatu diluar jam pelajaran. Tujuan dalam penenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Resitasi berbasis Information Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen, dengan Design Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran resitasi berbasis ICT (Information Communication Technology) terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palembang. Hasil Resitasi kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 75,71, hasil belajar kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 84,28 dan hasil kelas kontrol dengan rata-rata nilai 65,4. Hal tersebut dapat dibuktikan dari analisis data yang menggunakan uji statistik aplikasi SPSS Versi 22 bahwa nilai thitung = 5,884 lebih besar dari ttabel = 1,69 dengan taraf signifikansi 0,05 dimana t-hitung > t-tabel (5,884 > 1,69). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

References

Ariyani, Fina. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbantukan Media Online Facebook Terhadap Hasil Belajar Fisika dalam Konsen Termodinamika. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Banowati. (2013). Geografi Sosial. Yogyakarta : Ombak

Djamarah & Zain. (2014). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Renika cipta.

Gatot Harmanto. (2016). Geografi Untuk Siswa SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung :Yrama Widya.

Humairoh. (2011). Pengaruh Metode Pemberian Tugas dan Resitasi terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu (Geografi) Siswa pada Kelas VII di MTs Daarul Hikmah Pamulang. Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2950/1/UMI%20HUMAIROH-FITK.pdf. Diakses 25 Juni 2018

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Suryani, Nunuk. (2015). Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Wibisono. (2017). Efektivitas Penggunaan Grup Sosial Media Whatsapp sebagai Media Edukasi Penanganan Pertama Cedera Muskuloskeletal pada Pelatih Sepak Bola. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/53575/. Diakses 25 Juni 2018

Downloads

Published

2018-09-01