PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN FLORA DAN FAUNA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEMENDAWAI SUKU III OKU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Vinny Lorensa Putri Erza
  • Magdad Hatim
  • Mirna Taufik

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2601

Keywords:

Pembelajaran Two stay two stray, hasil belajar.

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar pokok bahasan flora dan fauna di Kelas XI IPS SMA Semendawai Suku III OKU Timur. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS SMANegeri 1 Semendawai Suku III. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuantitatif, dengan desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semendawai Suku III Oku Timur sebanyak 126 siswa dengan jumlah kelas sebanyak 4 Kelas. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pokok bahasan Flora dan Fauna kelas XI IPS pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS), dibuktikan dengan harga thitung (17,708) yang lebih besar dari pada ttabel (2,039). (2) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pokok bahasan Flora dan Fauna kelas XI IPS pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah menggunakan metode konvensional, dibuktikan dengan harga thitung (13,496) yang lebih besar dari pada ttabel (2,042). (3) Ada pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Flora dan Fauna di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semendawai Suku III Oku Timur tahun pelajaran 2018/2019, yang dibuktikan dengan thitung = 9,69 atas dasar taraf signifikan 0,05 untuk dk = 61 diperoleh ttabel = 1,999 maka thitung > ttabel yaitu 9,69 > 1,999. Sesuai dengan kriteria pengujian yang dirumuskan, maka dengan demikian hipotesis yang menyatakan “ada pengaruh model pembelajaran Two-Stay Two-Stray terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Flora dan Fauna di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semendawai Suku III Oku Timur tahun pelajaran 2018/2019†diterima.

References

Ardiansyah, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray terhadap Hasil Belajar SMA. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandarusin dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. dalam Jurnal Pendidikan Geografi: 2016 Vol. 1 No. 12 (hal. 2292). Malang: Universitas Negeri Malang.

Djamarah, BS. (2010). Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Mariyanto, CD dkk. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Materi Pokok Kondisi Fisik Indonesia pada Kelas VIII SMPN 13 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. dalam Jurnal Edu Geography: 2015 Vol.3 No.4 (hal. 9-15). Universitas Negeri Semarang.

Putri, ED dkk. (2013). Pengaruh Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Geografi siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Setyanto, E. (2006). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. dalam Jurnal Ilmu Komunikasi: Vol.3 No.9 (hal 39). Indonesia.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2018-09-01