KERUSAKAN LINGKUNGAN AKIBAT INDUSTRI BATU BATA DI DESA PANGKALAN BENTENG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (GEOGRAFI) DI MTS GUPPI SUKAMORO

Authors

  • Supriyadi Supriyadi
  • Helfa Septinar

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2605

Keywords:

Kerusakan Lingkungan, Industri Batu Bata, Sumber Belajar

Abstract

Industri Batu Bata adalah industri yang memanfaatkan tanah sebagai bahan baku dan memberikan akibat negatif terhadap lingkungan. Kerusakan lingkungan akibat Industri Batu Bata dapat dijadikan sumber belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kerusakan lingkungan akibat industri Batu Bata di Desa Pangkalan Benteng sebagai sumber pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (Geografi) di MTs GUPPI Sukamoro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menggambarkan kerusakan lingkungan akibat industri Batu Bata di Desa Pangkalan Benteng sebagai sumber pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (Geografi) di MTs GUPPI Sukamoro. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan Desa Pangkalan Benteng. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa di Desa Pangkalan Benteng terdapat 400 industri Batu Bata yang memberikan pengaruh positif dan negatif. Pengaruh positifnya adalah sebagai penyerapan tenaga kerja, sumber mata pencaharian dan daya beli masyarakat meningkat. Sedangkan pengaruh negatifnya berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan fisik yang meliputi banyaknya lubang bekas galian, merusak kualitas dan kuantitas tanah, menurunnya kualitas air, pencemaran udara dan kerusakan akses jalan. Sehingga kerusakan lingkungan akibat Industri Batu Bata di Desa Pangkalan Benteng dapat dijadikan sumber pembelajaran di MTs GUPPI Sukamoro.

References

Abdullah, Ramli. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Fakultas Tarbiyah Ar-Raniry VOL. XII No.2 216-231.

Afifudin dan Beni Ahmad Saebani.(2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Mudyahardjo, Redja. (2001). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Prastowo, Andi. (2012). Pengembangan Sumber Pembelajaran. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian: Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, Wikan. (2012). Membuat Genteng dan Batu Bata. Tanggerang Selatan: Tirta Media.

Yunus, Hadi Sabari. (2010). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2018-09-01