PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA GEOGRAFI DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Deni Puji Hartono Universitas PGRI Palembang
  • Siti Asiyah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2659

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Kreativitas

Abstract

Rendahnya tingkat kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran geografi menjadikan pembelajaran kurang bermakna dan akan menghasilkan lulusan yang kurang berkompeten. Model pembelajaran PjBL di-perlukan untuk mendukung peningkatan kreativitas mahasiswa, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran melalui model PjBL sehingga menghasilkan pendidik yang mampu berinovasi dalam proses pembelajaran di sekolah. Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru/dosen untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek. Kerja proyek memuat tugas-tugas yang kompleks berdasarkan permasalahan (problem) yangdiberikan kepada mahasiswa sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktivitas secara nyata. Penelitian dilakukan di Program Studi S1 Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas PGRI Palembang Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilakukan sebanyak 2 siklus pada mata kuliah kartografi digital. Subjek penelitian merupakan mahasiswa angkatan 2015 Kelas 4a yang berjumlah 28 mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa pada mata kuliah kartografi digital di Universitas PGRI Palembang tahun pembelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari perubahan kreativitas dari hasil observasi dan hasil tes. Hasil observasi kreativitas mahasiswa pada siklus 1 memiliki rata-rata sebesar 51,40, kemudian pada siklus 2 memiliki rata-rata sebesar 86,88. Selanjutnya untuk hasil tes kreativitas dari perhitungan N-gain diperoleh 10 mahasiswa mendapat kategori tinggi, 16 mahasiswa memperoleh kategori sedang, dan 2 mahasiswa  mendapat kategori rendah.

References

Fasko, Daniel. Jr. (2000). Education and Creativity. Creativity Journal Bowling Green State University. Vol. 13, Nos. 3 & 4, 317–327.

Hake, R. R. (2001). Lessons from the physics-education reform effort. Lessons from the physics-education reform effort. arXivpreprint physics/0106087.

Insyasiska Dewi, Siti Zubaidah , Herawati Susilo. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Volume 7, No 1, Agustus 2015. Hal 9-21

Isriani, Hardini dan Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep dan Implementasinya). Yogyakarta: Familia.

Kuo-Hung Tseng, Chi-Cheng Chang, Shi-Jer Lou, Wen-Ping Chen. (2013). Attitudes towards science, technology, engineering and mathematics (STEM) in a project-based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Design Education. February 2013, Volume 23, Issue 1, pp 87–102

Mahanal, S. dan Wibowo, A. L. P. (2009). Penerapan Pembelajaran lingkungan Hidup Berbasis Proyek untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, dan Sikap Siswa (Studi di SMA Negeri 9 Malang). Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Lingkungan Hidup dan Interkonferensi BKPSL. Universitas Negeri Malang. 20—21 Juni

Masnur Muslich. (2011). Melaksanakan PTK itu Mudah (classroom action research. Jakarta: Bumi Aksara

Ngalimun. (2013). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak (Usia Taman Kanak-Kanak). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Pair Share dipadukan Reciprocal Teaching dan kemampuan akademik Terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif Siswa SMA Negeri 1 Batu dan SMA Negeri 1 Grati. Tesis Tidak Diterbitkan: Universitas Negeri Malang.

Sumarmi. (2012). Model-model pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media

Downloads

Published

2019-04-02