ANALISIS KETERSEDIAAN RUANG TERBUKA HIJAU PERKOTAAN MUARA ENIM BERDASARKAN KEBUTUHAN OKSIGEN

Authors

  • Riyan Zainudin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2737

Keywords:

kebutuhan, oksigen, ruang terbuka hijau.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan Ruang Terbuka Hijau Perkotaan Muara Enim dalam pemenuhan kebutuhan oksigen untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Penelitian dilakukan di Perkotaan Muara Enim, Sumatera Selatan, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian berasal dari observasi lapangan dan ketersedian dokumen dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Perusahaan Daerah Air Minum dan Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Kabupaten Muara Enim. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketersediaan Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan Muara Enim saat ini mampu untuk mencukupi kebutuhan oksigen untuk tuga jangka waktu kedepan yaitu pendek (2016), menengah (2021) dan panjang (2026).

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Muara Enim. (2014). Kecamatan Muara Enim Dalam Angka. Muara Enim: CV. Vika Jaya.

Budihardjo, Eko. (2015). Kota dan Lingkungan Pendekatan Baru Masyarakat Berwawasan Ekologi. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Denim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muara Enim. (2014). Buku Profil Perkembangan Kependudukan Kabupaten Muara Enim Tahun 2014.

Irwan, Djamal, Zoer’aini. (2010). Prinsip-prinsip Ekologi Ekosistem, Lingkungan dan Pelestarianya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kementerian Pekerjaan Umum. (2007). Undang-undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Departemen Pekerjaan Umum, Ditjen Penataan Ruang.

Kementerian Pekerjaan Umum.(2008). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 05/PRT/2008 tentang Pedoman Penyediaan Dan Pemanfaatan RTH di Kawasan Perkotaan. Departemen Pekerjaan Umum, Ditjen Penataan Ruang.

Muta’ali, Lutfi. (2012). Daya Dukung Lingkungan Untuk Perencanaan Pengembangan Wilayah. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Geografi (BPFG)

Nazaruddin. (994). Penghijauan kota. Jakarta: PT Penebar Swadaya.

Yunus, Sabari Hadi. (2005). Manajemen Kota Perspektif Spasial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-04-02