KOMPETENSI PROFESIONAL GURU GEOGRAFI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XISMA N10 SINGKAWANG

Ihsan Nurhakim, Ivan Veriansyah

Abstract


Abstrak

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendapatkaninformasidankejelasan yang objektifmengenaiKompetensiProfesional Guru GeografiDalam Proses PembelajaranMateriLingkunganHidup di Kelas XI SekolahMenengahAtas Negeri 10 Singkawang .Penelitianini merupakanpenelitiankuantitatif berjenis deskriptif dan asosiatif. Adapun hasil penelitian ini diketahui bahwakompetensi professional guru geografi dalam proses pembelajaran materi lingkungan hidup kelas XI SMA Negeri 10 Singkawang dikategorikan “sangat baik” dengan peroleh nilai 3,425 dari hasil penilaian APKG 1 dan 2. Sedangkan dari hasil angket dengan persentase sebesar 75,52% dengan kategori “sangat baik”

 

Kata Kunci : Kompetesi professional guru, Proses pembelajaran, Lingkungan hidup


Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2008). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru Kimia dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa. Tesis Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jawa Tengah , 50.

Andrianto, H. (2008). Pemrograman Mikrokontroler AVR ATmega8535. Informatika. Bandung: Erlangga.

Arikunto, S. (2015). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Statistika Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.

Febriani, D. M. (2011). Hubungan antara Persepsi Terhadap Word Of Mouth (WOM) dengan Intensi Makan Vegetarian pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponorogo Semarang . Jurnal Psikologi Undip, Vol 10 no 1 , 172-183.

Ginting, S. H. (2008). Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan: Usu Press.

Pemerintah, P. (2015). Undang-Undang RI Pasal 10 Ayat 1. Jakarta: Seketariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.

Rosadi, I. (2001). Keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui capabilities-based competition:. Memikirkan kembali tentang persaingan berbasis kemampuan. Jurnal BENEFIT, vol. 5, No.1 Juni 2001. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta , 35-48.

Setriani, L. (2017). Persepsi mahasiswa Tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial , 238-246.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Rienika Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Tamyong, A. T. (2015). Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang, U. (1989). Sistem Pendidikan Indonesia nomor 2. Jakarta: Kepmen.

undang, u. (2015). Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Usman, U. (2015). Profesi Keguruan dan Pendidikan. Bandung : Citra Umbara.

Wardani, I. K. (2009). Mengurangi Persepsi Negatif Siswa Tentang Konselor Sekolah dengan Strategi Pengubahan Pola Pikir C. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Prodi BK FIP Unesa) Volume 10 no 2 Desember 2009 , 234.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.