KOMPETENSI PROFESIONAL GURU GEOGRAFI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XISMA N10 SINGKAWANG

Authors

  • Ihsan Nurhakim
  • Ivan Veriansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i1.2800

Keywords:

Kompetesi professional guru, Proses pembelajaran, Lingkungan hidup

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan kejelasan yang objektif mengenai Kompetensi Profesional Guru Geografi Dalam Proses Pembelajaran Materi Lingkungan Hidup di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Singkawang .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis deskriptif dan asosiatif. Adapun hasil penelitian ini diketahui bahwa kompetensi professional guru geografi dalam proses pembelajaran materi lingkungan hidup kelas XI SMA Negeri 10 Singkawang dikategorikan “sangat baik†dengan peroleh nilai 3,425 dari hasil penilaian APKG 1 dan 2. Sedangkan dari hasil angket dengan persentase sebesar 75,52% dengan kategori “sangat baikâ€

References

Aminah, S. (2008). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru Kimia dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa. Tesis Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jawa Tengah , 50.

Andrianto, H. (2008). Pemrograman Mikrokontroler AVR ATmega8535. Informatika. Bandung: Erlangga.

Arikunto, S. (2015). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Statistika Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.

Febriani, D. M. (2011). Hubungan antara Persepsi Terhadap Word Of Mouth (WOM) dengan Intensi Makan Vegetarian pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponorogo Semarang . Jurnal Psikologi Undip, Vol 10 no 1 , 172-183.

Ginting, S. H. (2008). Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan: Usu Press.

Pemerintah, P. (2015). Undang-Undang RI Pasal 10 Ayat 1. Jakarta: Seketariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.

Rosadi, I. (2001). Keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui capabilities-based competition:. Memikirkan kembali tentang persaingan berbasis kemampuan. Jurnal BENEFIT, vol. 5, No.1 Juni 2001. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta , 35-48.

Setriani, L. (2017). Persepsi mahasiswa Tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial , 238-246.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Rienika Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Tamyong, A. T. (2015). Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang, U. (1989). Sistem Pendidikan Indonesia nomor 2. Jakarta: Kepmen.

undang, u. (2015). Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Usman, U. (2015). Profesi Keguruan dan Pendidikan. Bandung : Citra Umbara.

Wardani, I. K. (2009). Mengurangi Persepsi Negatif Siswa Tentang Konselor Sekolah dengan Strategi Pengubahan Pola Pikir C. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Prodi BK FIP Unesa) Volume 10 no 2 Desember 2009 , 234.

Downloads

Published

2019-04-02