PENGEMBANGAN LKS BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LITOSFER

Authors

  • Dwi Kurniawati Universitas Kanjuruhan Malang
  • Yuli Ifana Sari Universitas Kanjuruhan Malang
  • Aris Efendi

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3135

Keywords:

Pengembangan LKS, Learning Cycle 5E, Litosfer

Abstract

Hasil studi menunjukkan bahwa LKS merupakan bahan ajar yang sering digunakan di sekolah. Peningkatan mutu bahan ajar harus terus ditingatkan dengan melakukan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan roduk LKS geografi berbasis learning cycle 5E pada materi litosfer. Rancangan pengembangan penelitian ini menggunakan mode Borg and Gall, yaitu pengembangan desain pembelajaran, produk LKS, dan evaluasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPS, dan ada 2 validator dari dosen yang telah berpengalaman dalam mengembangkan LKS. Data dikumpulkan dengan angkaet validasi untuk validator dan angket yang berupa respon dari penggunaan LKS untuk siswa dan guru. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil pengembangan LKS menunjukkan bahwa ada kelayakan isi/materi memilii kriteria baik, penyajian media sangat baik, dan bahasa dengan kategori baik. Hasil uji coba kelompok kecil memiliki rata-rata nilai 3,1 dengan kategori tinggi dan rata-rata nilai untuk kelompok besar sebesar 3 dengan kategori tinggi. LKS bebasis learning cycle 5E mendapatkan respon dari guru sebesar 3,3 dengan kategori tinggi.

References

BSNP. (2006). Standar Isi Kurikulum Geografi. Jakarta: Depdiknas.

Hanuscin, Deborah L. and Michele H. Lee. (2007). Using a Learning Cycle Approach to teaching the Learning Cycle to Preservice Elementary Teachers. Association for Science Teacher Education. University of Missouri-Columbia

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif Strategi Mengelola Kelas secara Efektif dan Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kulsum, U & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.7 (2011): 128-133

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Prastowo, Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sari, Yuli Ifana & Handoyo, Budi. (2018). A Preliminary Research to Develop 21th Century Worksheet. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 320. 1st International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2018). Atlantis Press.

Songer, Nancy Butler & Pier, Sun Ho. (2005). Guiding the “Explainâ€: A Modified Learning Cycle Approach Towards Evidence on the Development of Scientific Explanations. School of Education the University of Michigan.

Suprapta, I Made. (2006). Pengaruh Metode Pembelajaran (Siklus Belajar vs Konvensional) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas 1 SMPN 1 Woja Dompu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Turmudi. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Skafolding Metakognitif. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2019-08-14