PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI LINGKUNGAN DAN DAERAH SEKITAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMA YKPP TALANG UBI KABUPATEN PALI

Authors

  • Bunga Adelia UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Siti Asiyah UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3204

Keywords:

Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Kemampuan Memahami Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar pada siswa kelas XI IPS SMA YKPP Talang Ubi Kabupaten PALI. Metode penelitian yang akan digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari 2 siklus yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI IS 2 berjumlah 32 siswa. Rumusan masalah: 1) bagaimana penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar?; 2) bagaimana hasil peningkatan kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar pada siswa kelas XI dalam materi mitigasi dan adaptasi bencana alam?. Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar. 2) hasil peningkatan kemampuan memahami lingkungan dan daerah sekitar pada siswa kelas XI dalam materi mitigasi dan adaptasi bencana alam. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes, posttes dan lembar kerja siswa. Teknik pengolahan data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CTL memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu siklus I (18,75%), siklus II (94%). Dapat disarankan bahwa model pembelajaran CTL dapat digunakan pada pelajaran geografi.

References

Arta; Astawa; Sutarjo. (2012). Pengaruh Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Nusa Penida Tapel 2012/2013. Jurnal Pendidikan. Volume 1 (1):1-11

Aqib, Z, & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hamado, Ahmad dan Ramli. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Kendari Pada Materi Pokok Aspek Kependudukan: Jurnal Pendidikan. Volume 1 (1):1-19

Putri Arjunita Eka, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Lingkungan Hidup Kelas XI Menggunakan Model Pembelajaran CTL di SMA Negeri Mesuji: Jurnal Pendidikan. Volume 3 (1):2-8

Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Downloads

Published

2019-10-14