PENGARUH PENGGUNAAN EDMODO DENGAN METODE BLENDED LEARNING TERHADAP SOFTSKILL DISIPLIN MAHASISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3207

Keywords:

Softskill disiplin, Edmodo, blended learning, ICT

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan Edmodo dengan metode terhadap softskill displin mahasiswa pendidikan geografi. Adapun, batasan persamalahan dalam penelitian ini adalah kedisiplinan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dengan menggunakan fitur tugas Edmodo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Media Pembelajaran Berbasis ICT di semester genap, yaitu kelas 4A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan angket. Analisis data mengunakan analisis Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa > 0,05 (95 % tingkat kepercayaan).Setelah dilaksanakan pembelajaran melalui penggunaan Edmodo dengan metode blended learning menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap softskill disiplin mahasiswa pendidikan geografi yang ditujukkan dengan t tabel pada DF 36 = 1,68830. Maka thitung (6,955) > ttabel (1,68830) dan  signifikansi (2-tailed) dengan nilai probabilitas/p value uji T Paired menunjukkan hasil = 0,000 dan nilai p value (0,000)

References

Afdhila, R., Nazar, M., & Hanum, L. (2017). Penerapan pembelajaran Blended Learning Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol 2 No 3, 165-172.

Bruce, K. (2013). How Edmodo into a High School Service Club: To Promote Interactive Online Communication. . 18Th TCC Worldwide Online Conference. USA.

Budhi, J. (2013). Penerapan Blended Learning dengan Number Heads Together untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, II (4), 96-101.

Daulay, U. A., Syarifuddin, & Manurung, B. (2016). Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Retensi Siswa pada Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol.6 No.1 Edisi Desember.

Khoiroh, N., Munoto, & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 10 No.2, September, 97-110.

Manara, M. (2014). Hard Skills dan Soft Skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri. Jurnal Psikologi Tabularasa Vol.9 No.1, April, 37-47.

Moenir. (2010). Masalah-Masalah dalam Belajar. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Mozelius, P., & Hettiarachchi, E. (2017). Critical Factors for Implementing Blended Learning in Higher Education. ICTE Journal, 6(1) , 4-18.

Murjainah. (2019). Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Geografi Dalam Menggunakan Edmodo Berbasis Blended Learning. . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP p-ISSN 2620-9047, e-ISSN 2620-9071 (pp. 389-401). Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Murjainah & Utomo, B. (2018). Pengaruh Praktikum Sistem Informasi Geografis Terhadap Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Geografi Dalam Membuat Peta Berbasis Arcgis . Jurnal Swarnabhumi Vol.3 No.1 , Februari.

Semiwawan, C. (2009). Kreativitas Keberbakatan. Jakarta: Pt. Indeks.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilawati. (2018). . Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa . Jurnal Edutech Vol.17 No.2.

Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Uno, H. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uzun, E. (2015). Students's Attitude Towards Edmodo as a Supplementary Tool for Higher Education. Participatory Educational Research (PER) Special Issue ISSN : 2148-6123, 78-83.

Downloads

Published

2019-08-14