EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN KKNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang
  • Deni Puji Hartono Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3209

Keywords:

evaluasi model CIPP, KKNI, standar proses pembelajaran

Abstract

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. Pelaksanaan kurikulum KKNI di Program Studi Pendidikan Geografi  telah dilaksanakan sejak tahun 2016, akan tetapi belum dilakukan evaluasi lebih lanjut pada standar proses pembelajaran sehingga belum terlihat capaian pembelajaran yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi pelaksanaan standar proses pembelajaran KKNI berdasarkan model evaluasi CIPP (context, input, process, product), hambatan, dan tindak lanjut yang harus dilakukan dalam upaya meningkatkan dan perbaikan kualitas pembelajaran KKNI.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitiannya mahasiswa dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan komponen evaluasi context pada aspek kondisi lingkungan belajar dan karakteristik proses pembelajaran pada kategori sangat baik. Komponen evaluasi input menunjukkan aspek perencanaan proses pembelajaran dan sarana prasarana pada kategori sangat baik. Komponen evaluasi process menunjukkan aspek pelaksanaan proses pembelajaran pada kategori sangat baik, dan komponen evaluasi product menunjukkan pada prestasi akademik mahasiswa pada kategori baik. Dengan demikian, pelaksanaan standar  pembelajaran KKNI Program Studi Pendidikan Geografi dapat terlaksana dengan baik. Adapun hambatan dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran KKNI ini adalah sulitnya melakukan penyesuaian kurikulum lama dan baru dan kebingungan mahasiswa terhadap perubahan kurikulum. Tindak lanjutnya yaitu program studi lebih meningkatkan kualitas standar proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran lulusan dapat tercapai.

References

Bintang Petrus Sitepu dan Ika Lestari. 2018. Pelaksanaan Rencana Pembelajaran Semester dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol.32, No.1 April.

Fatmawati, Soraya, Ali Muhtadi. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Studi Desain Komunikasi Visual Msd Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 3, No 1, hal.64-78

Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Diakses 2 April 2018 http://fip.um.ac.id/wpcontent/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf

Mardapi, D. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mertens, Donna M. 2010. Research and Evaluation in Education and Psychology. Third Edition. SAGE.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Presiden RI. Jakarta.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI. Jakarta.

Ridvia Lisa, Maschandra, dan Rusman Iskandar. 2010. Analisis Data Kualitatif Model Miles dan Huberman. Program Magister Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. https://www.academia.edu/7440214/ANALISIS_PENELITIAN_KUALITATIF_MODEL_MILES_dan_HUBERMAN. Diakses 22 September 2019.

Suyasa, P. Wayan Arta dan Dewa Gede Hendra Divayana. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Proses Berbasis KKNI. Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK). Denpasar-Bali

___________. 2017. Penilaian Proses Berorientasi KKNI Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika, Undiksha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 6, Nomor 2, hal. 201-217.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.

Downloads

Published

2019-08-14