PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI MIGRASI SIRKULER DI DESA INDRAPURA KECAMATAN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Siti Evi Karunia Wati
  • Heri Setianto

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3211

Keywords:

Persepsi, Migrasi Sirkuler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai migrasi sirkuler yang terjadi di desa Indrapura Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian menggunakan responden sebanyak 20 anggota masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% masyarakat melakukan migrasi sirkuler dikarenakan upah kerja yang didapat kecil atau sedikit di desa, 70% alih fungsi sawah menjadi perkebunan, 45% tidak memiliki keahlian khusus. Selain itu 100% masyarakat mengatakan dampak adanya migrasi sirkuler yang dilakukan masyarakat yakni tidak dapat berperan aktif dalam masyarakat.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwasanya persepsi masyarakat Desa Indrapura akan tetap melakukan migrasi sirkuler dikarenakan beberapa faktor seperti upah kerja di desa lebih kecil, alih fungsi sawah menjadi perkebunan dan tidak memiliki keahlian khusus. Karena itu sebagian masyarakat tidak dapat berperan serta dalam membangun desa. 

References

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Stain Kudus, 10(1), 189–210.

BPS Kecamatan Muara Sugihan Dalam Angka. (2018). BPS Kab. Banyuasin.

Koentjaraningrat. (2005). Pengantar Antropologi. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Mantra, I.B. 2000. Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Munir, Rizky. (2007). Dasar- Dasar Demografi. Jakarta : FEUI

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nursid Sumaatmadja. 2001. Metode Pembelajaran Geografi. Bumi Aksara. Jakarta

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Siswono, E. (2015). DEMOGRAFI. Yogyakarta: Ombak Dua.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. International Journal of Management. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2019-08-14