STUDI KEMAMPUAN BERFIKIR SPASIAL SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 2 MUARA PINANG

Authors

  • levinda sari Universitas Pgri Palembang
  • Siti Asiyah Universitas PGRI Palembang
  • Murjainah Murjainah Universitas PGRI Palembang http://orcid.org/0000-0002-9779-2053
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i1.3221

Keywords:

kemampuan berfikir spasial, Geografi, siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan spasial siswa kelas X SMA Negeri 2 Muara Pinang, Sumatera Selatan. Meode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Muara Pinang. Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, koesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara persentase. Berdasarkan koesioner yang telah dibagikan kepada siswa kelas X SMA Negeri 2 Muara Pinang  dapat menunjukkan  bahwa kemampuan spasial siswa cukup baik, meskipun masih ada siswa merespon belum sesuai fakta. Hal ini dapat terlihat dari kemampuan siswa dalam menjawab soal tentang kemampuan untuk mengenali jarak, pola spasial sekolah, menganalisis fenomena alam, kemampuan mengetahui kondisi sekolah. Penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut agar dapat diketahui sejauh mana pengaruhnya terhadap siswa.

References

Hanafi. (2016). Studi Kemampuan Spasial Geografi Kelas Xll SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, Universitas Prof Dr Hazairin Vol:3, No:2 Hal 14

Lee. (2009). Peran Sistem Informasi Geografis (SIG) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking), Departemen Pendidikan Geografi, FPIPS, UPI:Vol 15

Musanna. (2017). INDIGENISASI PENDIDIKAN: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 2, Nomor 1, Juni 2017, 117-133.

NN, U. S., Murjainah,M., & Tobari. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Resitasi Berbasis Information Comunication Technology (ICT) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Swarnabhumi Vol. 3, No. 2, Agustus 2018, 102-108.

Nofirman, N. (2018). Studi Kemampuan Spasial Geografi Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Georaflesia VOL 3 NO 2, 11-24.

Okta, O., Murjainah, M., & Edi , H. (2019). Aktivitas Belajar Siswa Pada Praktikum Penginderaan Jauh di SMA. Jurnal Geografi; Geografi dan Pengajarannya ISSN 1412 - 6982 Vol XVII No 2, 15-24.

Oktavianto, Sumarmi, & Handoyo, B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik Vol. 21 - Nomor 1, Juni 2017, 59-69.

Rahayu, S., Murjainah, M., & Idris, M. (2019). The Effect of Google Earth Utilization on Students' Spatial Thinking Ability. GEOSFERA INDONESIA p-ISSN 2598-9723, e-ISSN 2614-8528 Vol.4 No. 3 (2019), 291-301, December, 2019, 291-301.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Additional Files

Published

2020-02-28