PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MUARADUA OKU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.3245

Keywords:

Pembelajaran Partisipatif, Hasil Belajar, Geografi

Abstract

Pembelajaran partisipatif dapat diartikan sebagai upaya pendidik untuk mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran partisipatif mengandung arti ikut sertanya peserta didik di dalam program pembelajaran partisipatif. Keikutsertaan peserta didik itu diwujudkan dalam tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan program, pelaksanaan, dan penilaian kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penerapan pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Muaradua OKU Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muaradua OKU Selatan. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak 59 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di SMA Negeri 1 Muaradua OKU Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil ini dibuktikan nilai thitung (10,25) > ttabel (1,67203). 

References

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). cet. VIII. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. (2007). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Cetakan ketujuh. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pow, Jacky. (2007). A Reflective-Participate Approach to Professional Development in Teaching of Liberal Studies in Schools. Hongkong: Teacher’s Centre Journal.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Sagala, Syaeful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. dan Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana. (2000). Strategi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah, Bandung: Falah Production.

Sudjana, Nana. (2005). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif Pendidikan non Formal. Bandung: Falah Production.

Sudjana, Nana. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Alfabeta.

Soegimo, Dibyo. (2009). Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung; Alfabeta.

Suryono, Yoyon. (2010) model pembelajaran. (Online) (http://yoyonsuryono.wordpress.com 12/02/2010, diakses tanggal 19 Maret 2019) (Rujukan dari Internet)

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Yustisia. (2008). Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Pustaka Yustisia.

Downloads

Published

2020-08-22