DAMPAK OBJEK WISATA AL-QUR`AN AKBAR TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG

Authors

  • Riza Ristiani Universitas PGRI Palembang
  • Ramanata Disurya Universitas PGRI Palembang
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i1.3343

Keywords:

Objek Wisata, Al-Qur`An Akbar, Sosial Ekonomi

Abstract

Keberadaan Al-Qur’an Akbar sangat menyita perhatian masyarakat dunia dan menjadi salah satu obyek wisata andalan Kota Palembang dan Sumatera Selatan. Apalagi sejak Al-Qur’an tersebut dikukuhkan sebagai satu-satunya yang ada di dunia dan masuk rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Wisatawanwisatawan mancanegara yang datang kebanyakan dari Timur Tengah seperti Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Kuwait. Di objek wisata al-Qur`an Akbar terdapat 30 juz ayat suci Al-Qur’an yang dipahat atau diukir dengan ukiran khas Palembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak objek wisata Al-Qur`An Akbar terhadap sosial ekonomi masyarakat Kecamatan Gandus Kota Palembang. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis data berupa reduksi data, display data dan verifikasi kemudian di deskripsikan secara kualitatif.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wisata Al-Qur`an Akbar memberikan dampak positif terhadap ekonomi di kecamatan Gandus, tercipta berbagai aktivitas ekonomi berupa usaha jual beli berbagai macam souvenir, produkproduk khas al-Qur’an al-Akbar maupun kuliner-kuliner yang tersedia disekitarnya. Secara sosial terbuka berbagai macam lapangan pekerjaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Gandus. Dampak negatif sosial ekonomi Al-Qur`an Akbar lingkungan sekitar warga menjadi agak bising, buruknya pengelolaan parkir mobil dan motor pengunjung yang datang karena tidak teratur dan semaunya saja sehingga ruas jalan sekitar wisata Al-Qur`an Akbar menjadi macet terutama di pinggiran jalan wisata Al-Qur`an Akbar. Dampak negatif lain yang terjadi adalah minimnya pengawasan dari pengelola terhadap pembuangan sampah sembarangan oleh para pengunjung, sehingga perhatian akan kebersihan terutama disekitar wisata Al-Qur`an Akbar belum optimal. Hal lain terjadinya peristiwa kriminal di wisata AlQur`an Akbar seperti pencurian dengan alasan faktor kemiskinan. Tingkat kemiskinan yang terus menerus bertambah menimbulkan kesenjangan ekonomi akan mengakibatkan hancurnya sendi-sendi tatanan sosial dan peradaban di Kecamatan Gandus.

References

Abdulsyani. (2013). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, Faizal. (2018). Evaluasi Dampak Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi asyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, Vol. 5 No. 3. ISSN: 2355-6587, e-ISSN: 2528-2220.(http://ejournal.bsi.ac.id). Universitas BSI Bandung.

Meriyati dan Hapis. (2017). Dampak Wisata Religi Bait Al-Qur’an Al-Akbar terhadap Ekonomi Di Sekitar Pondok Pesantren IGM AlIhsaniyah Kota Palembang. Jurnal Hukum dan Syariah Vol. 8 No.1 Tahun 2017.

Oktavia, M dan Eni Heldayani. (2019). Penilaian Wisatatawan terhadap Potensi Objek Wisata Minat Khusus (Al-Quran AlAkbar) di Kota Palembang. Jurnal Swarna Bhumi Volume 4, Nomor 1, Februari 2019.

Oktavia,M and Eni Heldayani. (2019). IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science. 286.012038

Soekanto, Soejono. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sulistiyaning, Anita Gunawan. (2016). Analisis Pengembangan Pariwisata terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi pada Wisata Religi Gereja Puhsarang Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 32 No. 1 (www. administrasibisnis.Student journal.ub.ac.id)

Downloads

Additional Files

Published

2020-02-25