ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN PEMODELAN RASCH

Authors

  • Rusiyah Rusiyah Universitas Negeri Gorontalo
  • Sunarty S. Eraku Universitas Negeri Gorontalo
  • Supadmi Supadmi Madrasah Aliyah Negeri 1 Limboto

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i1.4136

Keywords:

Kesulitan butir soal, abilitas siswa, kualitas instrumen, pemodelan Rasch

Abstract

Penilaian merupakan bagian penting dalam pendidikan. Tes merupakan salah satu teknik penilaian yang biasa digunakan oleh pendidik atau guru. Instrumen penilaian hasil belajar berkualitas apabila mampu memberikan gambaran kompetensi  peserta didik yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan butir soal, tingkat kesesuaian butir soal, bias butir soal,  tingkat abilitas siswa, tingkat kesesuaian individu dan kualitas instrumen. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi yaitu lembar jawaban soal ujian akhir semester mata pelajaran geografi  semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Limboto. Berdasarkan analisis dengan  Pemodelan Rasch diperoleh kesimpulan:  (1) Soal  dengan kategori sulit 48%,  mudah 28%, sangat sulit 12%, sangat mudah juga 12%. Soal yang sangat sulit yaitu  S13 dan soal yang sangat mudah  yaitu S2, (2) Soal S13, S15, dan S6 tidak memenuhi kriteria nilai MNSQ dan Pt Measure Corr, tetapi nilai ZSTQ masih dapat memenuhi criteria, (3) Butir soal S9 nilai probabilitas kurang dari 0,05 sehingga mengandung bias karena  soal tersebut mudah dijawab oleh siswa laki-laki dibandingkan oleh siswa perempuan, (4) Abilitas siswa termasuk dalam kategori sedang 63%, rendah 18,5%, sangat rendah 14,8% dan sangat rendah sekali 3,7%. Siswa  yang memiliki abilitas sangat rendah sekali 03L,  (5)Siswa 13L tidak memenuhi ketiga  kriteria nilai MNSQ, ZSTD dan Pt Measure Corr, sehingga memiliki respon yang tidak sesuai, (6) Person realibility termasuk dalam kategori bagus dan kualitas butir-butir soal reliabilitasnya cukup. Rata-rata logit person -0,04 menunjukkan bahwa prestasi rata-rata siswa di bawah rata-rata tingkat kesukaran standar soal.

References

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Kementerian Agama.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Sumintono, B & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Cimahi: Trim Komunikata.

______________. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Suyanto, dan Djihad, A. (2012). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Presindo.

Downloads

Additional Files

Published

2020-02-28