PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTH SCIENCE SYSTEM IN THE COMMUNITY (EARTHCOMM) BERBANTUAN CITRA GOOGLE EARTH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA MAN 3 KEDIRI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.4156

Keywords:

Model Earth Science System In The Community (EarthComm) berbantuan Citra Google Earth, Kemampuan Berpikir Spasial

Abstract

Abstrak: Kemampuan berpikir spasial yakni kemampuan mengolah dan menguasai informasi yang didapat dalam ruang. Model EarthComm merupakan model yang berorientasi pada pemecahan masalah di bumi yang dikaji dalam ruang (masyarakat). Dikaitkan dengan variabel tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) berbantuan citra google earth terhadap kemampuan berpikir spasial. Model eksperimen ini menggunakan Quasi Experiment dengan menerapkan Posttest Only Control Group Design  yang melibatkan dua kelompok dengan subjek penelitian X IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 1 sebagai kelas kontrol yang diambil berdasarkan nilai UAS. Analisis yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran earthcomm berbantuan citra google earth berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial, terbukti dari nilai signifikansi sebesar 0.000 ≤ 0.05 yang diambil dari nilai rata-rata kelas eksperimen terbukti lebih besar 74.39 dibanding kelas kontrol 66.60, artinya H0 ditolak.

Kata Kunci: Model Earth Science System In The Community (EarthComm) berbantuan Citra Google Earth, Kemampuan Berpikir Spasial

Author Biography

Fitra Arief Syaviar, State University of Malang (Universitas Negeri Malang)

Im as a Teacher in MI AL-IKHLASH who has a Geography Education background.

References

Ainiyah, Niswatul. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Terhadap Penyerapan Konsep Geogafi Siswa Kelas X MAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23 (1), 50 – 61. Dari https://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/48019

Association of American Geographers. 2006. Introducing Spatial Thinking Skills Across The Curriculum. Washington DC. AAG (online), (http://www.aag.org/galleries/tgmg-files/spatial_thinking_history_lesson.pdf) diakses tanggal 30 November 2018

Oktavianto, Dwi Angga dkk. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Earth Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial. Jurnal Teknodik, 21(1), 1-15. DOI http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.227.

Gosselin, David et al. 2001. EarthComm Teacher Enhancement Workshop Manual. Alexandria VA: The American Geological Institute Foundation

Kulub, Mikho Atmain. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pokok Hidrosfer Kelas X IPS 2 di MA Al-Hidayah Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Geografi, 2018. Dari (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/66557)

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Pendidikan Tahun 2014 Tentang Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Kemdikbud (online), (http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf)

LaDue, Nicole D. & Scott K. Clark. 2012. Education Perspective on Earth System Science Literacy: Challenges and Priorities. Journal Of Geoscience Education, (60), 372-383. Dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1164219.pdf

Yohana, Analisa. 2012. Studi Tentang Media Pembelajaran Yang Digunakan Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa Di SMP Negeri 1 Probolinggo. Jurnal IMAGE. 1(1). 25-27. Dari http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel5833BE3694EA91E602B05A40ECA7382D.pdf

Downloads

Published

2020-08-22