BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MEDIA KOMIK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELAJAR GEOGRAFI SISWA

Authors

  • Nur Aziza Universitas PGRI Palembang
  • Laili Rosita

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.4420

Keywords:

Kata kunci, Minat Belajar, Media Komik

Abstract

Dilatarbelakangi kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran geografi salah satunya bisa dilihat dari banyaknya siswa yang pasif saat mengikuti pelajaran selain itu media komik belum pernah digunakan sebelumnya. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan metode quasi eksperimen  ini  yang bertujuan  untuk mengetahui apakah dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media komik dapat mempengaruhi minat belajar geografi siswa kelas X di SMA Karya Ibu Palembang Tahun Ajaran 2018/2019.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Karya Ibu Palembang yang berjumlah seluruhnya 60 siswa dengan pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh  dengan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang selanjutnya diuji hipotesisnya dengan rumus uji-t.

Berdasarkan analisis data minat belajar  melalui uji-t maka diperoleh nilai thitung = 14,1 sedangkan ttabel = 1,6732. Dari hasil perhitungan didapat bahwa thitung ≥ ttabel maka Ha diterima dengan nilai rata-rata tes minat belajar kelas eksperimen117,7 dan kelas kontrol 105,7. Dengan demikian  dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap minat belajar geografi siswa kelas X di SMA Karya Ibu Palembang Tahun Ajaran 2018/2019â€.

 

 

References

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Bintarto. 1988. Ruang Lingkup dan Konsep Geografi Sebagai Suatu Disiplin Keilmuwan. Makalah Lokakarya Pengembangan Konsep Geografi dalam Ajaran Sekolah. Yogyakarta: IKIP.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Lestari, S., C, S. P., dan Yuniarti. (2009). Media Komik. Universitas Pendidikan Indonesia:. Media Grafis Media Komik.

Maryani, Enok. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Oktavianto, Dwi Angga. (2019). Riset Pendidikan Geografi. Kalimantan Selatan: CV. Cipta Griya Pustaka.

Scott McCloud. (2002). Understanding Comics. Jakarta: KPG.

Sholiha, Arina. (2016). Komik Siklus Hidrologi. http://arinacan.blogspot.com/2016/. Dikutip pada April 2019.

Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sumiharsono, Rudy dan Hasanah, Hisbiyatul. (2017). Media Pembelajaran. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Downloads

Published

2020-08-22