PENGAPLIKASIAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY-TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS XI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Authors

  • handeka deka universitas pgri palembang
  • Sukardi sukardi universitas pgri palembang
  • Maharani oktavia universitas pgri palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i2.4504

Keywords:

Pembelajaran Geografi, SDA, Model kooperatif tipe two stay two stray

Abstract

ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pembelajaran Geografi Siswa Kelas XI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two stay two stray Pada Pokok Bahasan Persebaran Sumber Daya Alam SMA N 8 Palembang?â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui: Hasil pembelajaran Geografi siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two straypada pokok bahasan persebaran Sumber Daya Alam SMA N 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yang menguraikan atau memaparkan tentang bagaimana proses pembelajaran Persebaran Sumber Daya Alam di SMA N 8 Palembang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kategori  pre-test and post-test one group yaitu sebuah eksperimen yang dilakukan sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Berdasarkan penelitian dan pembahasan pada bab IV dan analisis data yang telah disajikan mengenai pembelajaran Geografi siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pokok bahasan persebaran Sumber Daya Alam SMA N 8 didapatlah kesimpulan yaitu dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray semua siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih menarik, siswa lebih mengerti serta tidak membosankan, sehingga siswa dapat memahami materi yang dipelajari dengan baik. Hasilnya dapat dilihat dari nilai yang diperoleh rata-rata pada tes awal (Pre-test) adalah 69,5 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada tes akhir  (Post-test) adalah 82. Didapatlah kesimpulan bahwa ada pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pokok bahasan persebaran Sumber Daya Alam SMA N 8. Dari hasil penelitian tersebut terdapat pengaruh yang signifikan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Anita Lie. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di. Ruang-RuangKelas. Jakarta: Grasindo.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuad Ihsan. 2008. Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika. Aditama

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Selegi, Susanti Faipri. 2013. Metodelogi Penenlitian Geografi. Palembang: Noer Fikri Offset.

Sudjana. 2013. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendididkan. Bandung: Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyususn. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Tirtaraharja, Umar, dan Sulo, La. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi. Aksara

Downloads

Published

2021-08-31