ANALISIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN SAWIT DI DESA NUNGGAL SARI KECAMATAN PULAU RIMAU KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Mega Nuraini
  • Ramanata Disurya
  • Heri Setianto

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i1.4505

Keywords:

Kesesuaian Lahan, Kelapa Sawit, Desa Nunggal Sari

Abstract

Kesesuaian Lahan adalah kemampuan suatu lahan untuk pengelompok tertentu berdasarkan kesesuaian untuk penggunaan tertentu. Kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan yang memiliki sebaran cukup luas dan dapat berkembang pada tanah-tanah kering maupun tanah-tanah di area pasang surut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian lahan tanaman kelapa sawit. penelitian ini di lakukan di Desa Nunggal Sari Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin data yang dikumpulkan dan digunakan oleh peneliti adalah data dari observasi lapangan, data adminitrasi Desa Nunggal Sari, data peta jenis tanah Desa Nunggal Sari, data peta penggunaan lahan Desa Nunggal Sari dan data peta DAS Desa Nunggal Sari. penelitian ini menggunakan metode deskriptif Kualitatif, sedangkan analisis menggunakan analisis overlay. Hasil penelitian ini didapat dari peta kesesuaian lahan sawit yang berada di Desa Nunggal Sari Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin yang memiliki jenis tanah Glei dan perkembangan tanaman kelapa sawit Di Desa Nunggal Sari tergolong kedalam kategori cukup sesuai karena berdasarkan dari hasil pengamatan lapangan produktifitas kelapa sawit mencapai 1,5-2  Ton/Bulan/Hektar.

References

BPS Kabupaten Banyuasin. (2018). Kabupaten Banyuasin Dalam Angka 2018. BPS Banyuasin.

BPS Kecamatan Pulau Rimau. (2018). Kecamatan Pulau Riamau Dalam Angka 2018.

Ginting, E. J., Santosa, T. N., & Astuti, Y. T. M. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Produktifitas Kelapa Sawit di Kebun Plasma PT.MNIS INDRA SAKTI. Jurnal Agromast, 2(2), 1–13.

Hamzah, M., Mulyana, E., & Purbiyanti, E. (2014). Faktor Determinan Konversi Lahan Sawah Di Berbagai Tipologi Di Sumatra Selatan Serta Dampak Ekonomi Dan Sosialnya. In Laporan Ahir Penelitian Hibah Bersaing (Issue November, pp. 1–66). Universitas Sriwijaya.

Hardjowigeno, S., & Widiatmaka. (2018b). Evaluasi Kesesuian Lahan & Perencanaan Tata Guna Lahan. Gajah Mada University Press.

Holidi, Safriyani, E., Warjiyanto, & Sutejo. (2015). Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit pada Tanah Gambut Berbagai Ketinggian Genangan. Ilmu Pertanian, 18(3), 135–140.

Indarto. (2016). Hidrologi Metode Analisis dan Tool Untuk Interpretasi Hidrograf Aliran Sungai. Bumi Aksara.

Kartasapoetra. (2010). Teknologi Konservasi Tanah dan Air. Rineka Cipta.

Mardhika, L. D., & Sudradja. (2015). Respons Pertumbuhan Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis) Belum Menghasilkan Umur Dua Tahun terhadap Pemupukan Kalsium. Bul. Agrohorti, 3(1), 110–118.

Najiyati, S., & Muslihat, L. (n.d.). Mengenal tipe lahan rawa gambut. Pertanian, 1–4.

Pradana, B., Ir. Bambang Sudarsono, M., & Ir. Sawitri Subiyanto, M. S. (2013). Analisis Kesesuaian Lahan Pertanian Terhadap Komoditas Pertanian Kabupaten Cilacap. Jurnal Geodesi Undip, 2(April), 1–12.

W, W., Monde, A., & Rahman, A. (2016). Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Tanaman Kelapa Sawit ( Elaeis Quenensis Jacq ) Di Desa Tolole Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. Agrotekbis, 4(5), 559–564.

Downloads

Published

2021-02-28