PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA PUSRI PALEMBANG

Authors

  • yuni yuni universitas pgri palembang
  • edi harapan universitas pgri palembang
  • Nuranisa Nuranisa universitas pgri palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i1.4514

Keywords:

Metode guided discovery learningdan Aktivitas belajar geografi

Abstract

ABSTRACT

               This study aims to increase the influence of the guided discovery discovery method on the learning activities of class X geography students at Pursi Palembang High School. The research method used is a quantitative approach using experiments with data collection techniques using observation sheets. The population in this study was class X Palembang Pusri High School, the sampling was obtained from class ips1 as the experimental class and class X ips2 as the control class. Data analysis techniques based on calculations, obtained t count> t table = 0.45> 1.34, namely t count = 0.45 and t table = 1.34 then accept the hypothesis (ha) which means "There is the influence of guided discovery learning method in increase the learning activities of students of class X geography at Palembang Pusri High School.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengaruh metode guidede discovery learning terhadap aktivitas belajar siswa geografi kelas X di SMA Pursi Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan eksperimen  dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Pusri Palembang, pengambilan sampelnya di peroleh dari kelas ips1 sebagai kelas ekperimen dan kelas X ips2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data berdasarkan perhitungan, diperoleh thitung>t tabel = 0,45>1,34yaitu thitung =  0,45dan t tabel =1,34 maka terima hipotesis (ha) yang berarti “ Ada pengaruh motode guided discovery learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa geografi  siswa kelas X di SMA Pusri palembang.

References

DAFTAR PUSTAKA

Eggen & Kauchak. (2012). Strategi Dan Model pembelajaran mengajar konten dan keterampilan berfikir.(terjemahan satrio wahono). Boston: Education Inc.

Farhana, Muhammad. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Keles XI Ips MA Muallimin NW Pancor. Universitas Hamzanwadi, Vol. 2,No. 2, Hal 107-117.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran. Surabaya: Ghalia Indonesia.

Muhdyahardjo, Redja. (2014). PengantarPendidikan, Depok:Rajagrafindo Persada.

Oktavianto, Dwi Angga, dkk. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantu google earth terhadap keterampilan berfikir spasial. Junal teknodok.21(1):1-11.

Salahudin, Anas.(2011). Filsafat Pendidikan.Bandung:cv Pustaka Media.

Mayer, J.D Salovey, P.Caruso, D. R. (2004). Emotional: Theory, Findings dan Implications. Psychological Inquiry.Vol.15.no.3.197-215.

Setyaningsih, Henny widha sunarto, Widha Sunarno, Lita Rahmasari. (2005). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Sikap Ilmiah Menggunakan Metode Diskusi dan Demonstrasi pada Materi SistemTata Surya Kelas IX SMPN 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Vol. 6, No. 1, hal. 203.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sulistyowati, Endah. (2012). Implementasi kurikulum pendidikan karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Takdir, Mohammad. (2012). Pembelajaran Discovery strategy dan Mental Vocation Skill. Yogyakarta: DIVA Press.

Asri, Yulia Sri Hastuti Noer. (2015). Guided Didcovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Fakulta Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung, Hal. 894-895.

Downloads

Published

2021-02-28