EFEKTIVITAS PROGRAM KAMPUNG KB DI DESA SIDOREJO KECAMATAN KELUANG KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Authors

  • Erwin Apriani
  • Muhamad Idris
  • Nina Damayanti

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i1.4677

Keywords:

Kampung KB, Efektivitas, dan Kegitan Kampung KB

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan di kampung KB di Desa Sidorejo Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dilihat dari kegiatanya seperti kegiatan yang dibentuk dalam adanya program kampung KB yaitu kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) kegiatan tersebut sangatlah bergunadilihat dari kegiatanya seperti kegiatan yang dibentuk dalam adanya program kampung KB yaitu kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) kegiatan tersebut sangatlah berguna bagi masyarakat untuk mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas dan sejahtera.

            Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil efektivitas program kampung KB di Desa Sidorejo Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin. Tujuan untuk mengetahui efektivitas program kampung KB dan faktor penghambat program kampung KB di Desa Sidorejo Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin dengan melihat kegiatan secara langsung dari program kampung Kb tersebut.

            Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini observasi, dokumentasi, dan kuisioner/angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data yang bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu menjadi hipotesis.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Sidorejo Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin memiliki program kampung KB yang terdiri dari berbagai kegiatan yaitu dari kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga  Remaja (BKR), Bina Keluarga Balita (BKB), dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas dan sejahtera melalui program kependudukan.

References

Anggraini, T. (2019). Efektivitas Plaksanaan Program Kampung Keluarga Berencana Kota Pekanbaru. 6, 1–11.

Ardiana. (2018). Peran BKKBN Di Balik Gerakan Penanggulangan Stunting. Jurnal Keluarga, 1–40.

Bawing, P., Wilopo, S. A., & Padmawati, R. S. (2017). Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Berencana. Jurnal Of Comunity Medicine and Public Healt, 817–822.

Desentralisasi, S. K. E., Sarwoprasodjo, S., & Ginting, B. (2019). Kelembagaan Dan Capaian Program Keluarga Berencana (KB) Dari Era Sentralisasi Ke Desentralisasi. Jurnal Kepndudukan Indonesia, 14(1).

Mardiyono. (2017). Kampung KB sebagai upaya pemberdayaan masyarakat/keluarga di jawa timur. 11(2), 129–136.

Munandar, B. (2017). Peran Informasi Keluarga Berencana Pada Peresepsi Dala Praktik Keluarga Berencana. Jurnal Swarnabhui, 2(1).

Nur Lailatul Musyafa’ah. (2018). Program Kampung Keluarga Berencana Menurut Hukum Islam. 8, 321–353.

Nurjannah, S. N., & Susanti, E. (2018). Implentasi Program Kampung Keluarga Berencana (KB) Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilu Kesehatan BHAKTI Husada, 78–85.

Patiah, D. N. S. & S. (2018). Gambaran Pengetahuan Wus Tentang KB Implant Di Klinik Ela Azmi. JURNAL Maternitas Kebidanan, 3(1), 1–12.

Sinurat, L. (2017). Keadaan Gerakan Keluarga Berencana di Desa Parlondu , Pangururan , Kabupaten Samosir Situation of Family Planning Movement in Parlondu Village , Pangururan , Samosir District. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 5(2), 126–138.

Sugeng Jitowiyono & Masinah Abdul Rouf. (2019). Keluarga Berencana Dala Deskriptif Bidan. 2019.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif.

Wayan, I. G., & Yasa, M. (2019). Efektivitas Program Kampung Keluarga Berencana (KB) Dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Keluarga Miskin Di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Undayana, 7, 711–740.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-02-28