EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 15 PALEMBANG

Authors

  • ade wiranto
  • Susanti Faipri Selegi
  • Sukardi Sukardi

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i1.4805

Keywords:

Model Pembelajaran, Creative Problem Solving Dan Project Based Learning

Abstract

Latar belakang dalam masalah penelitian ini adalah nilai siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 sehingga kegiatan pembelajaran IPS kurang menarik dan monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah  model pembelajaran creative  problem solving dan model project based learning efektif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 15 Palembang tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran creative problem solving dan model project based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 15 palembang tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Metode Deskriptif Kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII 1 dan kelas VII 2 yang berjumlah 64 siswa. Data di peroleh melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan penyajian data, reduksi data, verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran crative problem solving dan model project based learning  sangat efektif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 15 palembang

References

Arikunto, S. (2007). Dasa-dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko Andy Purnomo, V. D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbaris Project Based Learning. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 24-31.

Faturrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Hikmawati, F. (2018). Metode Penelitian. Depok: Rajawali pers.

Huri Suhendri, T. M. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran problem solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Tinjau Dari kemandirian Belajar. Formatif, 105-144.

Istiqomah Addiin, T. R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 7-16.

Iwan Setiawan, D. S. (206). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardiyan, R. (2012). Peningkatan dan Keaktifan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuain Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing). Pakar Pendidikan, 151-162.

Muhammmad Thobroni, A. M. (2013). Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana. Jogjakarta: A-RUZZ MEDIA.

Muliawan, J. U. (2016). Model Pembelajaran Spektakuler: Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah . Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 149-160.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15-32.

Rusman. (2011). Model-model Pembalajaran : Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sekali, P. B. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Globalisasi Kelas VI SD Negeri 047175 Desa Simacem Bekerah tahun Pelajaran 2017/2018. Curere, 122-132.

Sinta Silvia, N. R. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Antara Yang Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Problem Solving. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 129-136.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sisvina Dian Cahyani, N. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creatif Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 91-98.

Siti Anisatun Nafi, a. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soyomukti, N. (2017). Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: AR-Ruuz Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tititri Suciani, E. L. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Pendidikan Tata Boga. media Pendidikan Gizi dan Kuliner, 76-81.

Wahidmurni, A. M. (2014). Evaluasi Pembelajaran Kompotensi dan Praktik. Yogyakarta : Nuha Litera.

Wahyu Bagja Sulfemi, A. H. (2017). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Di Smp Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan, 1-17.

Wahyu Puji Astuti, W. E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learnimg dan Problem Solving Terhadap Lemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 159-166.

Downloads

Additional Files

Published

2021-02-28