DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA SD NEGERI 004 PALARAN

Authors

  • Abdul Rozaq
  • Eka Auliya Lathifah
  • Ramdani Ade Putra
  • Wulan Safriani Purnamasari
  • Yudi Suherman
  • Yulia Sunarti
  • Yaskinul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i1.5077

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Pengawasan Orang Tua, SD Negeri 004 Palaran

Abstract

Penyebaran virus Corona (Covid-19) yang dengan cepat meluas ke seluruh belahan dunia, menimbulkan perubahan pola aktivitas pada seluruh sektor kehidupan manusia termasuk Indonesia terutama pada bidang pendidikan. Sistem sekolah online ini muncul sebagai solusi terbaik dengan berbagai masalah yang dihadapi siswa, guru serta orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai dampak covid-19 terhadap pengawasan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh siswa SDN 004 Palaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis Miles dan Huberman yang dilakukan terhadap 15 responden yaitu orang tua siswa SD Negeri 004 Palaran dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa umur, gender, dan Pendidikan terakhir orang tua mempengaruhi pengawasan orang tua terhadap pembelajaran jarak jauh siswa SD Negeri 004 Palaran. Realisasi pengawasan siswa SD Negeri 004 Palaran dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh 73% dilakukan oleh orang tua, serta 27% dilakukan oleh guru privat

Author Biographies

Abdul Rozaq

Pendidikan Geografi

Eka Auliya Lathifah

Pendidikan Geografi

Ramdani Ade Putra

Pendidikan Geografi

Wulan Safriani Purnamasari

Pendidikan Geografi

Yudi Suherman

Pendidikan Geografi

Yulia Sunarti

Pendidikan Geografi

Yaskinul Anwar

Pendidikan Geografi

References

Borisova, O. V. 2016. “Problem of Using Innovative Teaching Methods for Distance Learning Students. International Electronic.†Journal of Mathematics Education 11(5): 1175– 84.

Chick, and G. Clifton. 2020. “Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic.†Journal of Surgical Education 1(1): 1–4.

Dede, C. J. 1990. “The Evolution of Distance Learning: Technology-Mediated___ Interactive Learning.†Journal of research on Computing in Education 22(3): 247–64.

Hasanah, A., dkk.(2020). Analasis Aktivitas Belajar Jarak jauh Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19. UIN Sunan Gunung Jati: Bandung

Moore, J. L., and Dickson-Deane. 2011. “ELearning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?†The Internet and Higher Education 14(2): 129–35.

Müller, A. 2009. Framing Childhood in Eighteenth Century English Periodicals and Prints, 1689-1789. United Kingdom: Ashgate Publishing, Ltd.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Shalahuddin, Mahfud. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya : Bina Ilmu

Suwaryo, P.A.W.2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. Universitas Muhammadiyah Magelang

Winingsih, Endang. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020. Poskita.co

Downloads

Published

2021-02-28