DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA SD NEGERI 004 PALARAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i1.5077Keywords:
Pembelajaran Jarak Jauh, Pengawasan Orang Tua, SD Negeri 004 PalaranAbstract
Penyebaran virus Corona (Covid-19) yang dengan cepat meluas ke seluruh belahan dunia, menimbulkan perubahan pola aktivitas pada seluruh sektor kehidupan manusia termasuk Indonesia terutama pada bidang pendidikan. Sistem sekolah online ini muncul sebagai solusi terbaik dengan berbagai masalah yang dihadapi siswa, guru serta orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai dampak covid-19 terhadap pengawasan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh siswa SDN 004 Palaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis Miles dan Huberman yang dilakukan terhadap 15 responden yaitu orang tua siswa SD Negeri 004 Palaran dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa umur, gender, dan Pendidikan terakhir orang tua mempengaruhi pengawasan orang tua terhadap pembelajaran jarak jauh siswa SD Negeri 004 Palaran. Realisasi pengawasan siswa SD Negeri 004 Palaran dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh 73% dilakukan oleh orang tua, serta 27% dilakukan oleh guru privat
References
Borisova, O. V. 2016. “Problem of Using Innovative Teaching Methods for Distance Learning Students. International Electronic.†Journal of Mathematics Education 11(5): 1175– 84.
Chick, and G. Clifton. 2020. “Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic.†Journal of Surgical Education 1(1): 1–4.
Dede, C. J. 1990. “The Evolution of Distance Learning: Technology-Mediated___ Interactive Learning.†Journal of research on Computing in Education 22(3): 247–64.
Hasanah, A., dkk.(2020). Analasis Aktivitas Belajar Jarak jauh Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19. UIN Sunan Gunung Jati: Bandung
Moore, J. L., and Dickson-Deane. 2011. “ELearning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?†The Internet and Higher Education 14(2): 129–35.
Müller, A. 2009. Framing Childhood in Eighteenth Century English Periodicals and Prints, 1689-1789. United Kingdom: Ashgate Publishing, Ltd.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Shalahuddin, Mahfud. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya : Bina Ilmu
Suwaryo, P.A.W.2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. Universitas Muhammadiyah Magelang
Winingsih, Endang. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. April 2, 2020. Poskita.co
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.