KAJIAN POTENSI PENGEMBANGAN WISATA BUATAN JAKABARING SPORT CITY KOTA PALEMBANG

Authors

  • Meri Anggraini
  • Sukardi Sukardi
  • Giyanto Giyanto

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i2.5246

Keywords:

Jakabaring Sport City / Potensi Pengembangan Pariwisata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kajian potensi pengembangan wisata buatan yang ada di jakabring sport city. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Gubernur H.A Bastari Kota Palembang yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Palembang, Dimana yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke Jakabaring Sport City. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik Observasi, Angket (Kuisioner), dan Dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan metode analisis deskritip-kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  Jakabaring Sport City ini  pada masa pandemi Covid-19 ini mengalami penurunan pengunjung yang signifikan, Bulan Januari berjumlah 3.060 pengunjung dan di bulan April - Juli pengunjung di JSC berjumlah 0 pengunjung  karena pada bulan ini Covid-19 sedang memuncak seluruh tempat wisata di Indonesia di tutup termasuk Jakabaring Sport City masa Covid-19 sedang memuncak dan pada bulan agustus - november adalah New Normal dimana masa ini masyarakat sudah bisa mengunjungi tempat wisata namun  tetap harus mengikuti protocol kesehatan dan memakai masker  untuk masuk ke JSC ini merogoh kocek hingga 7 ribu sampai 10 ribu, 7 ribu untuk kendaraan bermotor dan untuk kendaraan mobil mencapai 10 ribu dan di JSC ini memiliki banyak fasilitas yang telah dijadikan wisata favorit bagi pengunjung destinasi andalan JSC yakni Lapangan Tembak/Shooting Range tempat ini kerap dikunjungi masyarakat untuk besantai di hari weekend dan melepas penat setelah 1 minggu bekerja.

References

Abdul, G. Y. (2017). Pengembangan Sarana Prasarana Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya Di Jawa Barat. Jurnal Pariwisata Vo.1 No. 1 .

Agus, K. W. (2018). Pemanfaatn Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya Vol. 3 No. 2 , 4.

Anita, M. (2018). Berpikir dan problem solving .

Bony, D. (2014). Persepsi Wisatawan Terhadap Objek Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Palembang : Universitas Pgri Palembang .

Debik, U. (2017). Manfaat pariwisata GoaKreo dan WadukJatibarang bagi perekonomian dan lingkungan masyarakat (studi empiris : desa kandri, kecamatan gunung pati, kota semarang . Jurnal Media Ekonomi Dan Manajemen , volume 32 no 2 halaman 120.

F, N. K. (2014). Persepsi Wisatawan Mancanegara Terhadap Pelayanan Di Candi Prambanan . Yogyakarta: Universiutas Gajah Mada.

Ilham, J. (2016). Analisis data kualitatif dalampenelitian pariwisata . Jurnal Kepariwisataan , Volume 10 no 1.

Karlina, R. (2015). Persepsi Wisatawan Terhadap Sapta Pesona Objek Wisata Punti Kayu. Palembang : Universitas Pgri Palembang.

Krisna, Y. Y. (2018 Vol 3 No 2). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Di Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya , 4.

Maya, P. S. (2011). pengembangan masyarakat untuk pariwisata dikampung wisata toddbojo provinsi sulawesi selatan . Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota , volume 22 no 1 halaman 1.

P, H. K. (n.d.). Manfaat Pariwisata Ditinjau Dari Sosiologi Hukum . 1.

Prof Dr Arjana I Gusti Bagus, M. (2017). Geografi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. Depok : Pt Raja Grafindo Persada.

Rai, D. U. (2016). Pengantar Industri Dan Wisata .

Rani, D. P. (2014). Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten sumenep, Madura Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda , 412-421.

Ridho, A. M. (2018 ). Pengembangan Mobile Agmented Reality Brosur Wisata Olahraga Jakabaring Sport City Menggunakan Metode Addie. Tecno Matika , 153-154.

Riyanto, Sefira, Primadani, R., & Mardiono. (n.d.). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah . Jurnal Administrasi Pulik (JAP) Vol. 1 No.4 , 139.

Suliyanto, & Mustofa, A. H. (2020). Bauran Wisata (tourism mix ) : Objek Wisata Alam Dan Objek Wisata Buatan . Universitas Jenderal Sudirman .

Suwantoro, G. (1997). Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Tri, O. D., & Kusmiati, H. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Virtual Jakabaring Sport City ( JSC). Infotech Jurnal , 1.

Utama, D. I. (2016). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta : Deepublis.

Wayan, S. I. (2013). Kebijakan pengembangan pariwisata (intervensi melalui kebijakan pariwisata berkelanjutan di bali).

Zuber, A. (2011). Jakabaring Water Sport Sebagai Kawasan Rekreasi Dan Olahraga Air Yang Nyaman Dan Bernuansa Moderen. Jurnal Media Tehnik , 39.

Downloads

Published

2021-08-31