POLA INTERAKSI ORANGTUA DAN ANAK SAAT STUDY FROM HOME (SFH)
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i2.5401Keywords:
Interaksi, Anak, Orang Tua, Study From Home (SFH)Abstract
Pola interaksi antara anak dan orang tua selama Study From Home (SFH) sangat penting untuk dilakukan, karena anak dapat sadar dengan sendiri untuk belajar dan orang tua dapat dengan mudah mengawasi dan meningkatkan kegiatan dan hasil belajar dirumah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi orang tua dan anak saat Study From Home (SFH). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode literatur review dimana informasi data yang dikumpulkan merupakan referensi jurnal yang relevan. Hasil penelitian didapatkan bahwa pola interaksi yang terjadi antara orangtua dan anak selama Study From Home (SFH) ialah interaksi langsung. Interaksi langsung tersebut berupa berkomunikasi terbuka dan melakukan pendekatan seperti hal nya teman bagi si anak, agar si anak ini merasa bahwa ada orang tua yang akan selalu mendukung, mendengarkan, menghargai, dan memberikan kepercayaan kepada anak sehingga anak akan merasa lebih terbuka dan tidak takut menceritakan permasalahan atau kesulitan saat anak melakukan SFH.
ÂReferences
Barnawi & Arifin, M. (2012). Etika dan profesi kependidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Fey. CNNIndonesia. (n.d.-b). 65 Kampus Kuliah Dari Rumah, Sultan Yogya Ragukan Efektivitas. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200316110707-20-483756/65- kampus-kuliah-dari-rumah-sultan-yogya-ragukan-efektivitas. diakses pada Juni 2020.
Fitroturrohmah, M., & Azizah, M. (2019). Hubungan peran orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas tinggi sdn kedung 01 jepara. 2(September).
Gunarsa, Singgih D. dan Ny. Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Jakarta: PT Gunung Mulia, 2000).
Hockenberry, M & Wilson, D. (2012). Wong’s Essentials of Pediatric Nursing (9th Ed.). St Louis: Elsevier Inc.
Kadi, F.A., Garna, H., & Fadlyana, E. (2008). Kesetaraan hasil skrining risiko penyimpangan menurut cara kuesioner praskrining perkembangan (KPSP) dan denver II pada anak usia 12–14 bulan dengan berat lahir rendah. Sari Pediatri, 10 (1), 29–33.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2016). Telaah Kebijakan (Pengaruh) Interaksi Komunikasi Efektif antar Orang Tua Dan Anggota Keluarga Terhadap Ketahanan Keluarga di Provinsi DKI Jakarta
Kim, E. M., Coutts, M. J., Holmes, S. R., Sheridan, S. M., Ransom, K. A., Sjuts, T. M., & Rispoli, K. M. 2012. Parent Involvement and Family-School Partnerships: Examining the Content, Processes, and Outcomes of Structural Versus Relationship-Based Approaches (No. 2012-6). CYFS Working Paper.
Lestari, Selvy Windy. 2020. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 3.
Lubis, R. R. (2016b). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Persfektif Islam (Studi Pemikiran Nasih ‘Ulw n Dalam Kitab Tarbiyatul Aul d). Ä Ä Tazkiya, 5(2), 1–13.
Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 15–32.
Lubis, R. R., & Rusadi, B. E. (2019). Problematika Implementasi Scientific Approach dalam Pembelajaran Fikih (Studi Kasus Di MTs. PAI Medan). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 118–134.
Makmur Limbong, Sultan Ali, Rizky Rabbani, Erna Syafitri. 2020. Pola Interaksi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengendalikan Emosional Siswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam. 44-45
Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014a). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688
Minarti Etika Marlin, Rusdarti.2016. Konstruksi Sosial Orang Tua Tentang Pendidikan Dan Pola Asuh Anak Keluarga Nelayan. Semarang : Journal Of Educational Social Studies
Narwoko, J. D. B. S. (n.d.). Narwoko, J. Dwi Bagong Suyanto, Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan , (Jakarta: Kencana, 2007), hlm, 62.
Novrinda, Nina Kurniah, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini ditinjau dari latar belakang pendidikan Novrinda. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Peterson, S. M., Valk, C., Baker, A. C., Brugger, L., & Hightower, A. D. (2010). “we’re not just interested in the workâ€: Social and emotional aspects of early educator mentoring relationships. Mentoring and Tutoring: Partnership in Learning, 18(2), 155–175. https://doi.org/10.1080/13611261003678895
Putro, K. Z, Amri, M.A, Wulandari, N & Kurniawan, D (20). Pola Interaksi Anak Dan Orang Tua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah. Fitrah : Journal of Islamic Education, 1(6) http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315
Utami, R. D. (2015). Membangun karakter siswa pendidikan dasar muhammadiyah melalui identifikasi implmentasi pendidikan karakter di sekolah.. Profesi Pendidikan Dasar. 2(1). http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1542
Warsito, & Samino. (2014). Implementasi kurikulum dalam pembentukan karakter siswa kelas iii sd ta’mirul islam surakarta. Profesi Pendidikan Dasar. 1(2).
Wiwin Yulianingsih, Suhanadji, Rivo Nugroho, Mustakim. 2020. Keterlibatan Orangtuan Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5 (2)
Zahara, Sofia, Nandang Mulyana, Rudi Saprudin Darwis. 2021. Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik. Vol 3 (1)
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.