ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH ANORGANIK DI SUKAWINATAN KOTA PALEMBANG

Authors

  • Fitri Amalia Universitas PGRI Palembang
  • Mega Kusuma Putri Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v6i2.5452

Keywords:

Pengelolaan sampah, sampah anorganik, kerajinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sampah anorganik di Sukawinatan Kota Palembang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah penduduk yang semakin meningkat membuat konsumsi masyarakat juga turut meningkat, sehingga menghasilkan limbah buangan berupa sampah yang mencemari lingkungan. Sampah merupakan limbah yang dihasilkan dari aktivitas manusia dan sudah tidak berguna lagi. Oleh sebab itu, setiap kota perlu memiliki sebuah tempat pengelolaan akhir (TPA) agar sampah kota dapat ditangani dan dikelola menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti kerajinan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Kriteria keabsahan data yang digunakan yaitu perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduction, display, verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa TPA Sukawinatan memiliki tempat pengelolaan khusus untuk sampah anorganik berjenis plastik. Proses pengelolaan sampah sudah dilakukan dengan baik, hasil kerajinan dijual untuk menambah kas pemasukan TPA Sukawinatan.

References

Anatolia, Levi. 2015. Pengaruh Pengelolaan Sistem Pembuangan Akhir Sampah dan Dampak Terhadap Kesehatan Masyarakat di Desa Tibar, Kecamatan Bazartete, Kabupaten Liquiça, Timor-Leste, Bumi Lestari Journal Of Environment 15 (2).

Arief, Sofyan. 2013. Pengelolaan Sampah Malang Raya Menuju Pengelolaan Sampah Terpadu yang Berbasis Partisipasi Masyarakat, Jurnal Humanity 8 (2).

Badan Pusat Statistik. 2016. Laju Pertumbuhan Penduduk Menurut Provinsi.

Hijauku. 2012. Produksi Sampah Padat Nasional Meningkat. www.hijauku.com/2012/04/19/hijauku-com-warnai-nirmana-award/

Ikhsandri, 2014. Kajian Infrastruktur Pengolahan Sampah di Kawasan Berkembang Jakabaring Kelurahan 15 Ulu Kota Palembang. Jurnal teknik sipil dan lingkungan 2 (1).

Jambeck, Dkk. 2015. Plastic Waste Inputs From Land Into the Ocean. http://jambeck.engr.uga.edu/landplasticinput.

Marliani, Novi. 2014. Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Formatif 4 (2).

Prihatiningsih, Bekti. 2013. Analisis Sistem Pengelolaan Sampah “Bank Sampah†melalui Partisipasi Adaptif Masyarakat di Kota Malang, Universitas Merdeka Malang.

Sugiyono. 2016. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Tanujaya, Edward. 2010. Dasar-Dasar Demografi. Jakarta Selatan: Salemba Empat

Yulinah. 2008. Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kota Depok. https://depokbebassampah.wordpress.com/makalah/yulinah-trihadiningrum/

Downloads

Published

2021-08-31