PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI INTERAKSI SOSIAL DENGAN ISPRING SUITE 8 PADA MATA PELAJARAN IPS (GEOGRAFI) DI SMP NEGERI 35

Authors

  • Indah Yustika Sari Universitas PGRI Palembang
  • Nuranisa Nuranisa

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v8i1.6000

Keywords:

Media Pembelajaran, Ispring Suite 8, Interaksi Sosial

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran geografi dan mengetahui hasil uji coba di lapangan dalam pembelajaran interaksi sosial dengan media Ispring Suite 8 di SMP NEGERI 35 Palembang. Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah hasil pengembangan media materi interaksi sosial dengan Ispring Suite 8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D mengggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui angket. Teknik analisis data yang akan diperoleh yaitu berupa data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Materi Interaksi Sosial dengan Ispring Suite 8 pada Mata Pelajaran IPS (Geografi) Di SMP NEGERI 35 Palembang dapat dipergunakan untuk suatu kegiatan pada proses belajar di dalam kelas maupun digunakan sebagai suatu bahan ajar untuk melaksanakan belajar mandiri dalam memberikan kepada peserta didik. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

References

Andriani, N. D., & Praherdhiono, H. (2016). Development of Multimedia-Based Instructional of Natural Science in Solar System Material in the Grade Ix for Hearing …. Jurnal Penelitian Dan …. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4357

Himmah, F. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Kelas Viii. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82.

Kusuma, N. R., Mustami, muh. K., & Jumadi, O. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336

Rafiq, M., Husni, S. ., & Yelli, R. (2008). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Powerpoint & Ispring Suite pada Materi Perbandingan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. 4(672013167), 0–18.

Suartama. (2014). E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta.

Susilowati, A. T. (2019). Upaya Meningkatkan Sikap dan Hasil Belajar IPS Materi Interaksi Sosial melalui Value Clarification Technique The Effort to Improve the Behaviour and Result of Studying Social through Value Clarification Technique. 3(1), 23–32

Downloads

Published

2023-07-18