KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI DESA BOBANEHENA KECAMATAN JAILOLO KABUPATEN HALMAHERA BARAT

Authors

  • Muhammad Ardhyansyah Agung P Universitas Khairun
  • Rahim Achmad Universitas Khairun
  • Nita Pasongli Unkhair

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i1.6641

Keywords:

Kesiapsiagaan, Desa Bobanehena, Gempa Bumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Bobanehena dalam menghadapi bencana gempa bumi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini  adalah masyarakat Desa Bobanehena yang berjumlah 482 kk, sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 kk. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Pengetahuan, Kesiapsiagaan dan Rencana Tanggap Darurat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,dokumentasi,dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aspek pengetahuan mendapat skor 79,9% dan masuk kategori sedang, aspek kesiapsiagaan mendapat skor 43,12% dan masuk kategori rendah,aspek rencana tanggap darurat mendapat skor 55,04%  dan masuk kategori rendah. Secara keseluruhan rata-rata nilai dari ketiga parameter adalah 59,35% yang berarti tingkat kesiapsiagaan masyarakat desa Bobanehena dalam menghadapi Bencana gempa bumi masih rendah.

References

Hidayat, R. dkk. 2020. Disaster Risk Reduction Lesson From Halmahera Swarm 2017 And Lombok Earthquake 2018. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol (7), 238-245.

Kuswandhari, A. P. 2014. Kesiapsiagaan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Wedi Klaten Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Disertasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lenawida, 2011. Pengaruh Pengetahuan, Sikap, Dan Dukungan Anggota Keluarga Terhadap Kesiapsiagaan Rumah Tangga Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di Desa Deyah Raya Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Thesis. Universitas Sumatera Utara. Medan.

LIPI-UNESCO ISDR. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jakarta.

Setyono, Urip. dkk. 2019. Katalog Gempa Bumi Signifikan dan Merusak 1821-2018. Jakarta: Pusat Gempa Bumi dan Tsunami.

Tim Revisi Peta Gempa Indonesia, 2010. Workshop Paparan Tinjauan Teknis Peta Bahaya Gempa Indonesia Terbaru. Bandung

Downloads

Published

2022-02-03