PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP N 2 MUARA KUANG

Authors

  • sika rani Universitas PGRI Palembang
  • Monanisa Monanisa
  • Mirna Taufik
  • Nina Damayati
  • Deni Puji Hartono

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i2.6823

Abstract

ABSTRAK

Abstrak.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap pemahaman belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Muara Kuang. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang duduk di kelas IX di SMP Negeri Muara Kuang tahun pelajaran 2020/2021.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas IX 1 dan 10 guru SMP Negeri 2 Muara Kuang, dengan jumlah 40 orang. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian bahwa pengaruh pembelajaran online terhadap pemahaman belajar siswa kelas IX SMP N 2 Muara Kuang berada pada tingkat kategori “sangat rendah. Hal inilah yang membuat siswa merasakan pembelajaran secara tatap muka lebih baik dari pada pembelajaran online.

Kata kuci : Pembelajaran Online, Pemahaman Belajar Siswa

References

(1) Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

(2) Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

(3) Allen, I.E, Seamen, J. dan Garret, R (2007) Blanding in: The Extent and Promise of Blanded Educations in the United states, USA: The Sloan Consortium

(4) Anwar Sanusi. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis.Jakarta.

(5) Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

(6) Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

(7) Cepi Riyana,.2008.Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana

(8) Gusniwati, Mira. 2015 Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN Di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal formatif.

(9) Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online earning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

(10) Rasimin. (2018). Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta:PT. Bumi Aksara.

(11) Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pedidikan. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

(12) Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

(13) Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: In Media

Downloads

Published

2022-08-11