EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i2.7302

Keywords:

Efektivitas, Digital Scrapbook, Hasil Belajar, Siswa SMA

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan digital scrapbook terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Muara Kuang. Metode yang digunakan metode eksperimen dan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Muara Kuang yang berjumlah 120 siswa yang terdiri dari empat kelas, penelitian mengambil sampel dengan menggunakan Random Sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yang ada secara acak, maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.1 (kelas eksperimen) yang jumlah 30 orang siswa dan X.3 (kelas control) jumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dengan menggunakan uji regresi linier sederhana bahwa terdapat efektivitas penggunaan digital scrapbook terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Muara Kuang. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 3,448 sedangkan t tabel = 1,671, hal ini menunjukan bahwa nilai t tabel = 3,448 > 1,671, hipotesis H a diterima dan H o ditolak 5%.

References

Margarisya, Y., Murjainah, & Lian, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran think Talk Write Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMAN 2 Muara Enim Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Geografi Gea, Volume 19, Nomor 1, April , 9-17.

Murjainah. (2016). Pengembangan Digital Scrapbook Pembelajaran Geografi Dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Kecenderungan Perubahan Litosfer Di Muka Bumi Di Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Putri, Risma Meiliza. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 66 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Tahun Ajaran 2019/2020.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.

Rahmawati, N., Mashuri, M., & Nurjanah. (2020). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Natural : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, DOI: https://doi.org/10.30738/natural.v6i2.5251.

Salsabillah, A., & Mayuni, I. (2021). Digital Scrapbook for Learning Recount Text in Junior High School . STAIRS, Vol.2, No.2, 43-51.

Sari, L.P. (2017).Pengembangan Media Scrapbook dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Tata Surya. Skripsi. Bandar Lampung: UIN Raden Intan.

Sadiman, Arif S. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Press

Suprihatin, Siti. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 2, No. 1, Hal: 74.

Veronica,I., Pusari, R.W., Setiawardana, M.Y. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran IPA. JIPP Vol.2 No.3 , Oktober

Warsita, Bambang.(2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wusqo, U., Khusniati, M., Pamelasari, S., Laksono, A., & Wulandari, D. (2021). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia . THE EFFECTIVENESS OF DIGITAL SCIENCE SCRAPBOOK ON STUDENTS SCIENCE VISUAL LITERACY, 121-126

Downloads

Published

2022-08-06