PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP SERI TANJUNG
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v8i1.7475Keywords:
Model Pembelajaran PjBL dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk pengaruh model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kelas VIII di SMP Seri Tanjung, 2) Untuk pengaruh motivasi terhadap hasil belajar pada kelas VIII di SMP Seri Tanjung, dan 3) Untuk pengaruh model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan motivasi terhadap hasil belajar pada kelas VIII di SMP Seri Tanjung.Penelitian ini menggunakan Quasi Experiment. Rancangan penelitian yang digunakan posstest-only control design. Subjectpenelitian adalah kelas VIII.1 berjumalah 32 siswa dan kelas VIII.2 berjumlah 28 dan nanti akan diberikan soal posttest berjumlah 60 siswa dan angket berjumlah 32 siswa. Untuk Teknik analisis data mengunakan anava 2 jalur.Hasil penelitian penggunaan model PjBl terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi Letak koordinat negara ASEAN. Pada saat menggunakan model PjBL memiliki nilai rata-rata 81,5625. Hasil ini ditunjukkan pada hasil analisis data dengan uji statistik anava 2 jalur diperoleh jawaban dari hipotesis yang diajukan yaitu: 1)hitung > Ftabel yaitu 3,410 >0,349 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PjBL siswa kelas VIII SMP Seri Tanjung, 2) Fhitung > Ftabel yaitu  3,160 >0,349 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Seri Tanjung. Dan 3) Fhitung > Ftabel yaitu ,371 >0,349,   diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PjBL terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Seri Tanjung.References
Ayukanti. (2017). Model Pembelajaran Project Based Learning. 6(1), 9–36.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBl Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahsiswa: Sebuah Kajian Deskritif Tentang Model Pembelajaran PjBL Dalam Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh motivasi dalam Pembelajaran. 4(2).
Muhsin. (2015). Hasil Belajar. 39–40. http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB II.pdf
Nurfitriani, S., Sahputra, R., & Sartika, R. P. (2016). Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Koloid Di SMK PGRI Pontianak. 1–8.
Ramadhani. (2019). Model Pembelajaran. 17–52.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model Pembalajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. 6(1), 41–54
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.