TANTANGAN MASYARAKAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA COVID-19

Authors

  • Nuranisa Nuranisa Universitas PGRI Palembang
  • Mega Kusuma Putri Universitas PGRI Palembang
  • Budi Utomo Universitas PGRI Palembang
  • Laili Rosita Univ. PGRI Palembang
  • Deni Puji Hartono Univ. PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i2.7592

Keywords:

Pembelajaran Daring, Kesiapan Masyarakat, Tantangan Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dirasakan oleh masyarakat saat proses pembelajaran selama covid-19 dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Palembang dengan kriteria yang berhubungan dengan proses pembelajaran seperti orang tua, guru, mahasiswa dan pelajar tingkat SMP dan SMA. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Data Analisis menggunakan teknik kualitatif Miles dan Huberman yaitu: Data Reduction (Reduksi Data), Data Display, dan Conclusion Drawing/Verivication. Hasil dari penelitian ini yaitu tantangan terbesar yang dirasakan masyarakat selama pembelajaran daring adalah akses internet yang belum stabil, masyarakat masih terkendala untuk mengakses jaringan, Sinyal hilang saat listrik mati, pengetahuan orang tua masih kurang dalam mengoperasikan perangkat elektronik. Ketersediaan alat yang memadai dengan kurangnya kemampuan mengoperasikan perangkat dan akses jaringan yang tidak stabil membuat proses pembelajaran online tidak dapat dilaksakana secara maksimal.

Downloads

Published

2022-08-09