TANTANGAN MASYARAKAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i2.7592Keywords:
Pembelajaran Daring, Kesiapan Masyarakat, Tantangan Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dirasakan oleh masyarakat saat proses pembelajaran selama covid-19 dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Palembang dengan kriteria yang berhubungan dengan proses pembelajaran seperti orang tua, guru, mahasiswa dan pelajar tingkat SMP dan SMA. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Data Analisis menggunakan teknik kualitatif Miles dan Huberman yaitu: Data Reduction (Reduksi Data), Data Display, dan Conclusion Drawing/Verivication. Hasil dari penelitian ini yaitu tantangan terbesar yang dirasakan masyarakat selama pembelajaran daring adalah akses internet yang belum stabil, masyarakat masih terkendala untuk mengakses jaringan, Sinyal hilang saat listrik mati, pengetahuan orang tua masih kurang dalam mengoperasikan perangkat elektronik. Ketersediaan alat yang memadai dengan kurangnya kemampuan mengoperasikan perangkat dan akses jaringan yang tidak stabil membuat proses pembelajaran online tidak dapat dilaksakana secara maksimal.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.