PROSPEK DANAU ULAK LIA SEBAGAI TEMPAT WISATA DI SEKAYU MUSI BANYUASIN

Authors

  • Wijaya Wijaya Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang Jl. Jend. A. Yani, Lr. Gotong Royong, 9/10 Ulu. Kec. Seberang Ulu 1 Kota Palembang
  • Helfa Septinar Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang Jl. Jend. A. Yani, Lr. Gotong Royong, 9/10 Ulu. Kec. Seberang Ulu 1 Kota Palembang
  • Monanisa Monanisa Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang Jl. Jend. A. Yani, Lr. Gotong Royong, 9/10 Ulu. Kec. Seberang Ulu 1 Kota Palembang
  • Budi Utomo Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang Jl. Jend. A. Yani, Lr. Gotong Royong, 9/10 Ulu. Kec. Seberang Ulu 1 Kota Palembang
  • Mirna taufik Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang Jl. Jend. A. Yani, Lr. Gotong Royong, 9/10 Ulu. Kec. Seberang Ulu 1 Kota Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i2.8001

Keywords:

Danau Ulak Lia, Objek Wisata, SWOT.

Abstract

Penelitian ini berjudul prospek danau Ulak Lia sebagai tempat wisata di Sekayu Musi Banyuasin, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prospek danau Ulak Lia sebagai tempat wisata dengan cara menganilisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, dan pengunjung objek wisata. Untuk menentukan strategi prospek objek wisata danau Ulak Lia dilakukan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan strategi yang digunakan dalam prospek danau Ulak Lia memiliki 10 strategi alternatif objek wisata yang harus dilakukan pemerintah antara lain: 1) Membangun dan memperbaiki fasilitas yang ada di lokasi objek wisata, 2) Mengadakan atraksi wisata, 3) Menjadikan objek sebagai tempat kegiatan seperti: tempat olahraga prewedding dll, 4) Meningkatkan promosi dengan cara memanfaatkan jejaring sosial, 5) Meningkatkan pelayanan, 6) Penambahan fasilitas di lokasi objek wisata, 7) Mengoptimalkan potensi wisata  yang ada dan keunikan objek wisata, 8) Menetapkan objek wisata sebagai sektor unggulan, 9) Meningkatkan peran pemerintah dan masyarakat 10) Melakukan pengawasan dan pemeliharaan fasilitas yang ada di lokasi objek wisata.

References

Adityaji, R. (2018). Formulasi strategi pengembangan destinasi pariwisata dengan menggunakan metode analisis swot: studi kasus kawasan pecinan kapasan surabaya, 3(1), 20-32.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arliman, L. (2018). Peran Investasi dalam Kebijakan Pembangunan Ekonomi Bidang Pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 20(2), 273-294.

Banowati. 2012. Geografi Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Barlian, E. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina. Budiani, S. R., Wahdaningrum, W., Yosky, D., Kensari, E., Pratama, H. S., Mulandari, H., &

Kusmiati, Y. (2018). Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Majalah Geografi Indonesia, 32(2), 170-176.

Chasanah, I. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pengelolaan Objek Wisata Bukit Bintang di Desa Cibeber II, Leuwiliang, Bogor (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Delita, F., Yetti, E., & Sidauruk, T. (2017). Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pemandian Mual Mata Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. Jurnal geografi, 9(1), 41-52.

Dispopar, 2020. Legenda Danau Ulak Lia, Kab.Musi Banyuasin.

Dowansiba, R., & Rahawarin, Y. Y. (2017). Potensi dan Prospek Pengembangan Wisata Alam Danau Anggi Gida. Jurnal Kehutanan Papuasia, 3(2), 91-100.

Hutapea, K. P. (2019). Manfaat Pariwisata Ditinjau dari Sosiologi Hukum. Jurnal Justiqa, 1(1).

Kirom, N. R., Sudarmiatin, S., & Putra, I. W. J. A. (2016). Faktor-Faktor Penentu Daya Tarik Wisata Budaya Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 536-546.

Maryani, 2019. Geografi Pariwisata. Yogyakarta, Penerbit Ombak 2019.

Noviantoro, K. M., & Zurohman, A. (2020). Prospek Pariwisata Syariah (Halal Tourism):

Sebuah Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0, 8(2), 275-296.

Nugrahani, 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Surakarta, 2014.

Oktaviarni, F. (2018). Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan Menurut Undang- Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Wajah Hukum, 2(2), 138-

Patra, I. K., & Hayat, T. N. P. S. (2019). Prospek Pariwisata Danau Matano Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Luwu Timur. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 7(2), 60-69.

Safiti, K. (2019). Pengembangan wisata di Kabupaten Buru Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(2), 44-55.

Sugiyono, 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, cv.

Suhartini, S. (2018). Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Perusahaan. MATRIK (Manajemen dan Teknik Industri-Produksi), 12(2), 82-87.

Wulandari, S., Putro, T. S., & Indrawati, T. (2017). Prospek Pengembangan Wisata Danau Bandar Kayangan Lembah Sari Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University), 4(1), 1031-1043.

Yusuf, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-08-08