PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL GEOGRAFI BERBASIS WEBGIS PADA MATERI SEBARAN FLORA FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v8i1.8089Keywords:
, media pembelajaran digital, webGIS, sebaran flora dan faunaAbstract
Kemajuan zaman saat ini memiliki dampak pada transformasi pendidikan yang ditandai dengan adanya tren media pembelajaran. Media pembelajaran menjadi salah satu sarana dalam kegiatan pembelajaran pada materi geografi. Siswa mengalami kesulitan saat mempelajari materi sebaran flora dan fauna Indonesia dan dunia, karena sifatnya yang memiliki pendekatan keruangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital geografi berbasis webGIS sebagai media pembelajaran pada materi sebaran flora dan fauna Indonesia dunia dan mengetahui efekivitas media pembelajaran digital berbasis webGIS untuk meningkatkan keterampilan 4C. Metode dalam penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba diterpakan pada kelas 11 IPS 1, 2, dan 3 SMAN 1 Tenggarang, Bondowoso. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi diantaranya ahli media dan ahli materi, angket uji coba yang diisi oleh siswa dan guru, serta hasil pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu kelayakan media pembelajaran InGeo dengan pendekatakan multirepresentasi diperoleh: 1. Media pebelajaran digital geografi berbasi webGIS (InGeo) yang telah teruji kelayakannya dari ahli materi, media, dan uji coba lapangan oleh guru dan siswa, 2. Efektivitas media pembelajaran berbasis webGIS dalam meningkatkan pemahaman siswa dengan nilai signifikan 28 dan meningkatkan keterampilan 4C melalui hasil karya produk siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis webGIS.References
Afrizal, D. Y. (2020). Media Sosial Instagram sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 62–66. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7146
Anggriani, P., Adyatma, S., Rahman, A. M., & Saputra, A. N. (2020). Peningkatan Kompetensi Spasial melalui Pembuatan Peta bagi Guru Geografi SMA di Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 30. https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i1.1922
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Komptetensi 4C(communication, collaboration, crtitical thinking dan creative thinking) untuk menyosong Era Abad 21. Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi.
Arrasyid, R., Setiawan, I., Sugandi, D., & Edu, R. (2019). Developing learning media based on Geographic Information System for geography subject in senior high schools. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12163
Asiyah, S., Kusuma Putri, M., Heldayani, E., Oktavia, M., Dina Chairunisa, E., & Aryaningrum, K. (2020). Pemanfaatan Seni Kartografi Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sma Negeri 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 26(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/14838
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Baral, H., Keenan, R. J., Sharma, S. K., Stork, N. E., & Kasel, S. (2014). Spatial assessment and mapping of biodiversity and conservation priorities in a heavily modified and fragmented production landscape in north-central Victoria, Australia. Ecological Indicators, 36, 552–562. https://doi.org/10.1016/J.ECOLIND.2013.09.022
Committee, R. G. (1997). Rediscovering Geography. In Rediscovering Geography. https://doi.org/10.17226/4913
Daldjoeni, N. (2017). Pengantar Geografi. Penerbit Ombak.
Dwi Febrianto, A., & Yudha Irawan, L. (2021). Pengaruh penggunaan media Webgis Inarisk terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada materi mitigasi dan adaptasi bencana. Jurnal Pendidikan Geografi, 26(2), 73–84. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/
Fadli, A., Suharno, S., dan Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Fargher, M. (2018). WebGIS for geography education: Towards a GeoCapabilities approach. ISPRS International Journal of Geo-Information, 7(3). https://doi.org/10.3390/ijgi7030111
Kurniawan, B. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS WEB DI MAN 3 MALANG. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Luisa de Lázaro Torres, M., de Miguel González, R., & José Morales Yago, F. (2017). WebGIS and Geospatial Technologies for Landscape Education on Personalized Learning Contexts. https://doi.org/10.20944/preprints201708.0089.v1
Maulida, H., Putry, E., Nuzulul ’adila, V., Sholeha, R., & Hilmi, D. (2020). VIDEO BASED LEARNING SEBAGAI TREN MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 1–24.
Mertha, I., Idrus, A. al, Ilhamdi, M., & Zulkifli, L. (2018). Pelatihan Teknik Pembuatan Herbarium Kering dan identifikasi tumbuhan berbasis lingkungan sekolah di SMAN 4 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 82–87. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/498
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(1), 94–103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356
Mutia, T., Maritasari, D. B., & Padlurrahman, P. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Geografi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Kelas X. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(1), 164–173. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.3482
Mutiara Mukti, W., Bella Puspita, Y. N., & Dyah Anggraeni, Z. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI LISTRIK STATIS. Webinar Pendidikan Fisika, 5, 51–59. https://sites.google.com/view/fisikakuyess.
Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.06.392
Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK, 3(1), 28–32. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/viewFile/355/359
Nofrion, N. (2018). KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN GEOGRAFI ABAD 21. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/KWZJV
Rahmawati, E. M., & Mukminan. (2017). Pengembangang m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157–166. https://doi.org/10.21831/JITP.V4I2.12726
SAPUTRA, Y. W. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Geografi pada Kompetensi Dasar Memahami Atmosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi Kelas X SMA/MA Semester II dengan Menggunakan Pendekatan Keruangan. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(2), 53–60. https://doi.org/10.17977/UM017V20I22015P053
Smaldino, S., Lowther, D. L., Mims, C., Russell, J. (2014). Instructional Technology and Media For Learning (11th ed.) (11th ed.). Prentice Hall.
Sofias, T. A., & Pierrakeas, C. J. (2021, January 21). Effectiveness of a WebGIS-based project on high school students’ spatial thinking skills. Procedings of the First Workshop on Technology Enhanced Learning Enviroments for Blanded Eductaion.
Sudiami, D. (2019). Strategi Jesko Berbantuan Media E-Pub untuk Pembelajaran Hots dan Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Sufia, R. (2013). Pengaruh Penggunaan Media E-Book Dengan Text Book Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Biosfer Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Muncar. Swara Bhumi, 2(1), 142–150.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 1st ed.). Penerbit Alfabeta Bandung.
Suwarsito, Sutomo, & Fauziah, D. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Geografi Perkotaan dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa ( Digital Learning Media Development in Urban Geography Subject for Increasing Student Learning Motivation ). Juita, 1(3), 91–95.
Wedding, L. M., Friedlander, A. M., Kittinger, J. N., Watling, L., Gaines, S. D., Bennett, M., Hardy, S. M., & Smith, C. R. (2013). From principles to practice: a spatial approach to systematic conservation planning in the deep sea. Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, 280(1773). https://doi.org/10.1098/RSPB.2013.1684
Yaumi, M. (2017). RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Seminar Nasional Dan Workshop Tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligence, 21–44.
Yaumi, M. D. M. (2016). New Integration Model of ICT Based Distance Education. Proceedings On Educational Technology World Conference, 1–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.