PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MAN 6 JAKARTA

Authors

  • Mushoddik Mushoddik
  • Sugeng Utaya
  • Sugeng Utaya
  • Budijanto Budijanto
  • Budijanto Budijanto
  • Sugeng Utaya
  • Budijanto Budijanto

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v1i1.809

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengkaji apakah model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MAN 6 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experimen dengan pre test and post test control group design. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang homogen berdasarkan nilai raport semester 1. Hasil
kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan menggunakan soal esai. Skor tes kemampuan berpikir kritis ditentukan berdasarkan hasil skor pretest dan posttest (gainscore). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari analisis data nilai t = 3,432 dan signifikansi dua ekor 0,01 lebih kecil dari α =
0,05. Hal ini dapat dilihat rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen adalah 25,64, lebih tinggi dari kelas kontrol 19,88.
Kata kunci: Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis

Downloads

Published

2017-01-11