KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI MELALUI PENUGASAN PEMBUATAN BLOG PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v1i1.810Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Geografi melalui penugasan pembuatan Blog pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu kelas 3C berjumlah 33 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif karena mendeskripsikan kemampuan mahasiswa pendidikan geografi dalam membuat Blog. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan mahasiswa pendidikan Geografi termasuk kategori baik dengan persentase 83%. Artinya, mahasiswa dapat membuat Blog dengan baik
yakni dilihat dari kemampuannya membuat Blog dan mengumpulkan alamat URL Blog, alamat Blog dapat dibuka/ditemukan, tampilan Blog yang terdiri dari memasukkan tulisan/gambar, memasukkan
musik dan tata letak Blog. Sedangkan, kemampuannya setelah diberikan soal tes berupa isian singkat mengenai materi Blog menunjukkan nilai 80.
Kata kunci: Kemampuan mahasiswa, Penugasan, Blog
Published
Issue
Section
License
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.