SURVEI TINGKAT KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TES BERBENTUK JAWABAN SINGKAT (SHORT ANSWER TEST) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (GEOGRAFI) KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MESUJI TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Authors

  • Dessy Febyronita
  • Giyanto Giyanto

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v1i1.812

Abstract

ABSTRAK
Tes objektif terdiri dari tes pilihan ganda, tes menjodohkan, tes benar salah dan tes jawaban singkat (short answer test). Dalam penerapan jenis soal disesuaikan dengan tingkat pendidikan karena tidak semua
bentuk tes cocok untuk peserta didik, tes jawaban singkat dilakukan untuk mengukur kemampuan pengembangan terhadap daya ingat siswa serta kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi. Dari persoalan
tersebut maka dilakukan penelitian survei dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam mengerjakan tes berbentuk jawaban singkat (short answer test). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII dengan jumlah 118 siswa dan sampel berjumlah 30 siswa diambil dari kelas VII.3 dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik simple random sampling atau sampel acak. Sumber data penelitian ini adalah
hasil belajar siswa kelas VII.3. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam mengerjakan tes ditentukan oleh daya ingat dan tipe soal. Hal tersebut diketahui hasil persentase butir
soal Short Answer Test terdapat 16 % soal tergolong sukar. Soal yang tergolong sukar cenderung bentuk soal yang terlalu panjang serta kalimat soal yang kurang jelas sehingga menyebabkan siswa sulit untuk
menjawab soal dengan baik. Sebanyak 47% soal tergolong sedang dan terdapat 37% soal tergolong mudah. Soal yang tergolong mudah cenderung bentuk soal yang pendek atau singkat serta kalimat soal
jelas dan mudah dipahami sehingga siswa dengan mudah untuk menjawab soal dengan baik.
Kata kunci: Kemampuan Siswa, Short Answer Test, Hasil Belajar

Downloads

Published

2017-01-11