HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SISWA TENTANG KONSEP EKOSISTEM DAN LOCUS OF CONTROL DENGAN CARA PANDANG SISWA TENTANG SUSTAINABLE SOCIETY (STUDI KORELASIONAL DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG)

Authors

  • Mega Kusuma Putri

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v1i1.813

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara pengetahuan siswa dan Locus of Control dengan cara pandang siswa tentang Sustainable Society. Diharapkan siswa akan dapat menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan lingkungan sekitarnya. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survei, yakni menjelaskan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai
fakta yang terdapat di lapangan. Sampel siswa dalam penelitian ini berjumlah 100 yang diambil secara acak. Data dikumpulkan menggunakan formulir instrumen berupa butir pertanyaan dan pernyataan. Analisis dan interpretasi data yang menunjukan (1) Ada hubungan positif antara pengetahuan siswa tentang konsep ekosistem dengan cara pandang siswa tentang Sustainable Society (2) Ada hubungan positif antara Locus of Control dengan cara pandang siswa tentang Sustainable Society (3) Ada hubungan positif antara pengetahuan siswa dan Locus of Control dengan cara pandang siswa tentang Sustainable Society. Temuan penelitian ini menyimpulkan dengan adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang ekosistem, Locus of Control bersama dengan cara pandang siswa tentang Sustainable Society dapat meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya menjaga lingkungan.
Kata kunci: Locus of Control, Pengetahuan Ekosistem, dan Sustainable Society.

Downloads

Published

2017-01-11