PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA GEOGRAFI

Authors

  • Deni Puji Hartono Universitas PGRI Palembang
  • Laili Rosita

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v8i1.8198

Keywords:

Kata Kunci, Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share), hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis think- pair-share di Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap refleksi. Tiap siklus dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, kegiatan belajar dilakukan melalui aplikasi zoom dan whatsapp. Subyek penelitian yang 19  dilibatkan yaitu mahasiswa program studi geografi semester 3. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika mahasiswa memenuhi kreteria ketuntasan dengan nilai  75  mencapai  70 % pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think- pair-share dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase tingkat ketuntasan posttest mahasiswa pada siklus I sebesar 63,15 % dan pada siklus II sebesar 78,94%.

References

DAFTAR PUSTAKA

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual

Arikunto,S. 2008.ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: RinekaKarya

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husna, N., Abdi, A. W., & Aziz, D. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dengan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 1(2).

Kagan, S. (2009).Kagan Cooperative Learning.San Clemente Kagan Publishing.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).

Ledlow.S.(2001). Using Think-Pair-Share in the College Classroom.New York: Center for Learning and Teaching Excellence.

Nur, M. A. (2017). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 143-154.

Raba, A. A. A. (2017). The influence of think-pair-share (TPS) on improving students’ oral communication skills in EFL classrooms. Creative Education, 8(1), 12-23.

Sapsuha, S., & Bugis, R. (2013). Think Pair Share Technique To Improve Students’ reading Comprehension. Jurnal Jupiter, 13(2), 101-111

Downloads

Published

2023-07-18