PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI MOBILITAS PENDUDUK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 PALEMBANG

Authors

  • Metta Yunika Sari
  • Sukardi Sukardi
  • Siti Asiyah

Keywords:

Pengembangan, LKPD, Discovery Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Discovery learning pada materi mobilitas penduduk di kelas XI IPS SMA Negeri 12 Palembang, untuk mengetahui hasil pengembangan dari kelayakan dan valid tidaknya media dan materi pada LKPD berbasis Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada materi mobilitas penduduk yang telah diuji kevalid dan kelayakan oleh ahli media, ahli materi dan respon peserta didik untuk tingkat kemenarikan LKPD. Hasil dari ahli media mendapatkan hasil 3,3 termasuk dalam kriteria kelayakan valid. Hasil dari ahli materi mendapatkan hasil 3,6 termasuk kedalam kriteria kelayakan sangat valid. Kemudian untuk tingkat respon peserta didik mendapatkan hasil 3,8 termasuk kedalam kriteria sangat menarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk LKPD berbasis Discovery Learning materi mobilitas penduduk layak untuk di kembangkan sebagai perangkat pembelajaran pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 12 Palembang.

References

Abdillah, R., & Kurniawan, I. (2020). Sosialisasi Penerapan Metode Pembelajaran Steam Pada Kurikulum K-13 Di Homeschooling Primagama Bekasi. Seminar Nasional …, 1(4), 13–16.

Bagja Sulfemi, W., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, 18(2), 1–19.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Dermawati, N., Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78.

Hikmah, N. A. F., Kuswanti, N., & ... (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Untuk Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Fotosintesis. Discovery: Jurnal Ilmu …, 6(1), 37–43.

Huninhatu, A. F., Pudjiastuti, S. R., & Sutisna, M. (2021). Pengembangan Model Numbered Heads Together Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila dan Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Citizenship Virtues, 1(1), 35–41.

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176.

Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210–214.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97.

Sari, S. P., Lubis, P. H. M., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Pada Materi Gerak Melingkar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Downloads

Published

2023-12-25