PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI 5 GORONTALO UTARA

Authors

  • Yulanda Hasan Universitas Negeri Gorontalo
  • Sunarty S. Eraku Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusiyah Rusiyah Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v8i1.9096

Keywords:

E-Learning, Edmodo, Hasil Belajar.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbasis edmodo dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran e-learning berbasis google class room. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain post test-only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian normalitas data menggunakan uji statistik chi-kuadrat untuk pasangan hipotesis nol H0 dan tandingannya H1 dengan taraf signifikan a = 0.05. Hasil pengujian normalitas tes hasil belajar menunjukkan bahwa x2hitung ≤ x2daftar yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 8.000 ≤ 11.070 dan untuk kelas kontrol sebesar 6.854 ≤ 11.070. Data hasil peneltian ini menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal berdasarkan pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar peserta didik dengan menggunakan statistic uji t maka hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung > ttabel yaitu thitung 2.36 dan ttabel 2.00. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran e-learning berbasis edmodo dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran e-learning berbasis google class room mata pelajaran geografi.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Arianti, S. (2020). Pembelajaran Model E-Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Pada Mata Kuliah Kosmografi Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Geografi. Jurnal Meretas, 7(1).

Dewi, N. G. A. A. L., Tripalupi, L. E.,& Artana M. (2015). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Lab Singaraja. Tesis, 1.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Education (IJES), 3(2), 81-89.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Edvaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102.

Herliandry, L. D.,& Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65-70.

Miles, & Huberman. (2018). Teknik Analisis Kuantitatif. Jurnal Teknik Analisis, 1-7.

Na’im, Z., & Fakhru Ahsani, E. L. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32-52.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123-144..

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan r&d. Bandung Alf (p.143).

Widodo, I., & Mukminan, M. (2018). Pengembangan E-Learning Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 12-25.

Downloads

Published

2023-07-05