PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS STORY MAP PADA POKOK BAHASAN FLORA DAN FAUNA

Authors

  • Salim Husain Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Sunarty Eraku Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Gorontalo
  • Syahrizal Koem Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v9i1.9631

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Story map pada materi Flora dan Fauna. Story map merupakan suatu layanan berbasis online yang dapat dimanfaatkan dalam penyusunan media pembelajaran yang berhubungan dengan materi Flora dan Fauna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE sebagai pendekatan dalam menyusun media pembelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kriteria penilaian untuk mengetahui kelayakan media dari ahli materi, ahli media, dan guru geografi serta respon siswa terhadap media pembelajaran dengan menggunakan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli mata pelajaran. Modul pembelajaran ini di ujicobakan dengan skala terbatas dan skala general pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Limboto dengan menggunakan angket, skala terbatas ini di ujicobakan pada siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa yang hadir 25 siswa, sedangkan skala general di ujicobakan pada siswa kelas XI IPS 2 dan 3 dengan jumlah keseluruhan siswa yang hadir 54 siswa.

References

Aprilliyah, & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akutansi di SMK Negeri Mojoagung. UNESA.

Calimag, J. N. V., Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Aplication. International Journal of Research in Engineering & Technology, Vol. 2(2).

Forment, M., & Guerrero, J.C. (2008). MOODLBILE: Extending moodle to the mobile on/offline scenario. Proceedings of the IADIS International Conference on Mobile Learning.

Hartono, Y. (2016). Pendidikan Dan Kebijakan Politik (Kajian Reformasi Pendi-dikan Di Indonesia Masa Orde Lama Hingga Reformasi). AGASTYA: JUR NAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA,6(01).https://doi.org/10.25273/ajsp.v6i01.879.

Lee, J. K. 2002. Digital history in the history/social studies classroom. The History Teacher.

Nugraha, A., Subarkah, C. Z., & Sari. (2015). Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan literasi kimia siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains.

Suarsana, Mahayukti. 2013. “Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswaâ€. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2, No. 2

Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikuum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuain Perusahaan Jasa SIswa Kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Surabaya. UNESA.

Downloads

Published

2024-03-14