PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN WEB LINKTREE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI SMA NEGERI I BILUHU

Authors

  • FRISKAWATI TOOLI Pendidikan Geografi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurfaika Nurfaika Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusiyah Rusiyah Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v9i1.9650

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan Web linktree materi Dinamika kependudukan di SMA Negeri I Biluhu. Penelitian ini menggunakan pengembangan R&D yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kriteria penilaian untuk mengetahui kelayakan media dari ahli materi, ahli media, dan guru geografi serta respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan angket. Data yang dikumpulkan berupa hasil penelitian mengenai kualitas media pembelajaran serta saran untuk revisi produk. Hasil dari validasi dilakukan penilaian oleh tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Media ini diujicobakan menggunakan skala terbatas dan skala general. Data yang dikumpulkan berupa ahli media mendapatkan nilai 78% dengan kriteria valid, data yang dikumpulkan pada ahli materi mendapatkan nilai 95% kriteria sangat valid, nilai yang didapatkan pada ahli pembelajaran dengan nilai 100%. Media diujicobakan pada skala terbatas dengan mendapatkan nilai 91,66% yaitu sangat valid, selanjutnya diujicobakan pada skala general mendapatkan nilai sebesar 94,92% sangat valid. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Web Linktree pada Mata Pelajaran Geografi Dinamika Kependudukan di SMA Negeri I Biluhu layak digunakan sebagai bahan ajar.

References

Amalia Nur, Jirana, Damayanti Mesra. 2021. Sosialisasi Pembuatan Linktree Sebagai Media Pembelajaran Aternatif Masa Pandemi Covid 19 Pada Guru Guru SDN 18 Galung Lombok Pole Walimandar. Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat. Vol.5(3).

Andika Widya Putu, Widyana Kadek. 2022. Aktivitas Pembelajaran Barbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Pada Materi Macam Macam Gaya Muatan Ipa Kelas 4. Jurnal Eduatech Undiksha. Vol.10(1).

Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi revisi, Bumi Aksara, Yogyakarta

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Fernando Simon, dkk. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas 5 Sekolah. Jurnal Tunas Bangsa. Vol.9(1).

Heidjrachman dan Husnan (Ed. 4). 1997. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Heinich, dkk. (1996). Instructional Media and Technologies For Learning. New York : M cMilan

Nurafni, Mimin Niwati. 2021. Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi intrinsik Siswa Kela V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. Vol. 9 (2)

Nuzirwan, salayan madyunus. 2021. Pengembangan Materi Ajar Berbasis (ICT) Dengan Memakai Linktree Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMPS Islam Annur Prima Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal Maju. Vol. 8(2).

Subali, B. (2010). Penilaian, Evaluasi, dan Ramedial Pembelajaran. Universitas Negeri Yogykarta.Yogyakarta

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2024-04-06