Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa

Authors

  • Aldi Kusyandi
  • Liza Murniviyanti
  • Rury Rizhardi

DOI:

https://doi.org/10.31851/jolma.v1i1.5365

Keywords:

Kebugaran Jasmani, Pendidikan Jasmani, Siswa

Abstract

Permasalahan, yang peneliti amati adalah terdapat beberapa siswa yang masih memiliki kesegaran jasmani yang kurang, seperti mudah lelah setelah berlatih dan mengantuk setelah pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. dengan TKJI. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa Kelas X dan siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kuantitatif yaitu penelitian dengan memberikan tes kepada siswa, sehingga didapatkan hasil kebugaran jasmani dan dilakukan analisis.. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan dengan menggunakan tehnik tes atau perbuatan dan pengukuran. Teknik analisis data merupakan cara yang digunakan untuk mengelola data-data yang terkumpul dan diklasifikasikan sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat kebugaran jasmani pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Palembang termasuk dalam kategori cukup dan tingkat kebugaran jasmani pada siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang termasuk dalam kategori baik.

References

Aldiansyah, R. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII SMP Negeri 51 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(1), 73-81

Daryono, D. (2019). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Peserta Ekstrakulikuler Sepakbola Di Sma Negeri 2 OKU. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 21-28

Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan pengukuran dalam olahraga. Penerbit Andi

Giriwijoyo, Santosa. 2012. Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Handayani, H. Y. (2019). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga Angkatan 2017 Stkip Pgri Bangkalan. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 40-49

Nugroho, Sakti Agung. 2015. Perbedaan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X, Xi, dan IX SMP Negeri 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang Tahun 2014/2015.Skripsi (Online). Yogyakarta: FIK-UNY

Pujianto, D. (2019). Aktivitas Jasmani dan Persepsi Gerak Anak Usia Dini. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 79-87

Saputro, Bambang. 2013. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas Atas SDN Jetis di Daerah Dataran Rendah Dengan SDN Purwosari Di Daerah Dataran Tinggi Kecamatan Girimulyo Kulon Progo. Skripsi

(online). Yogyakarta: FIK-UNY.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.

Trihastowo, Ade. 2012. Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas Iv Dan V di Dataran Tinggi di SD Negeri 2 Purbasari dan Dataran Rendah Di Sd Negeri Prigi Di Kabupaten Purbalinggatahun 2012/2013. Skripsi (Online). Yogyakarta: FIK-UNY.

Wiarto, Giri. 2015. Panduan Berolahraga untuk kesehatan dan kebugaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2021-03-12

Issue

Section

Articles